--> Skip to main content

Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi komputer atau dalam bahasa inggris disebut operating system atau disingkat os. Sistem operasi merupakan seperangkat alat atau program yang mengatur sumber daya/ kinerja perangkat keras komputer, dan mengatur atau mengelola aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah bagian yang sangat penting dari sistem komputer. Tanpa adanya sistem operasi didalam komputer, maka program aplikasi yang ada dalam komputer tidak bisa di jalankan oleh pengguna, kecuali program aplikasi booting.
Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi memiliki pengaturan yang sistematis dalam perhitungan dalam pemakaian memori, pemrosesan data, penyimpanan data, serta sumber daya lainnya. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara perangkat keras dan perangkat lunak/ program aplikasi yaitu sebagai masukan dan keluaran serta  alokasi memori.

Lebih jelasnya Sistem Operasi komputer adalah  software yang diletakkan pada memori komputer pada lapisan pertama (dalam hal ini memori komputer adalah Hardisk, bukan memory ram) ketika komputer diinyalakan. Setelah Sistem operai komputer berjalan, software-software/ aplikasi yang lainnya akan dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, Selanjutnya Sistem Operasi melakukan layanan inti umum untuk software-software atau aplikasi itu seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Bagian kode yang bertindak melakukan tugas  inti dan umum tersebut disebut sebagai  kernel suatu Sistem Operasi.

Ada beberapa jenis sistem operasi yang bias kita temukan dan bias kita gunakan diantaranya yaitu sistem operasi posix, dos, windows, unik, linux, garuda, apple, dan masih banyak yang lainnya. Dari beberapa sistem operasi yang ada, yang paling popular adalah sistem operasi milik perusahaan Microsoft untuk penggunaan pc, notebook, ponsel dengan sistem operasi yang berbasis mobilenya. Sistem operai yan dapat digunakan secara bebas atau yang biasa disebut open source yaitu sistem operasi linux.

Itulah penjelasan singkat mengenai sistem operasi komputer semoga bisa menambah pengetahuan anda.
Oldest Post
Buka Komentar
Tutup Komentar