Sistem Operasi Single User

Pada postingan sebelumnya saya telah menyampaikan sejarah sistem operasi dan pada postingan kali ini saya akan menjelaskan apa yang dimaksud sistem operasi single user. Tapi sebelumnya alangkah baiknya jika mengetahui apa itu sistem operasi. Sistem operasi merupakan kumpulan dari program yang secara bersama-sama mengatur jalannya sistem komputer. Sistem operasi mengontrol cara sistem komputer itu akan bekerja. Di mana dalam mengontrol sistem komputer, di dalam sistem operasi telah terdapat program untuk :
•    Menginstalisasi hardware dari sistem komputer
•    Mengatur penjadwalan dan interaksi antar tugas / job
•    Menjaga integritas sistem da menangani kesalahan
•    Menyediakan rutin / prosedur tertentu untuk pengontrolan piranti

Lalu Apakah yang dimaksud dengan sistem operasi single-user?
sistem operasi single user
Sistem operasi single user adalah Sistem operasi yang hanya menyediakan akses layanan terhadap sistem komputer kepada satu user saja pada satu waktu. Jika terdapat user lain yang ingin mengakses sistem komputer yang sedang menggunakan komputer tersebut telah selesai menggunakan komputer. Sistem operasi single user itu seperti windows 98, windows me, windows xp, windows vista, windows 7.
OS umumnya digunakan pada perangkat seperti telepon nirkabel dan perangkat dua arah pesan. Sebuah perintah, tunggal single-user sistem operasi hanya bisa menjalankan satu program atau aplikasi pada satu waktu, jadi tidak berguna untuk komputer atau perangkat lain yang dimaksudkan untuk menjalankan beberapa program sekaligus.
Meskipun melalui jaringan sistem operasi single-user bisa terhubung ke komputer dan sistem lain, itu masih hanya digunakan oleh single user. Selama komputer hanya memiliki satu monitor, keyboard dan perangkat input lainnya, maka itu adalah sistem single-user. Data pada komputer dapat diakses Komputer lain, namun apabila pengguna dari komputer juga dapat menjalankan aplikasi pada komputer yang mereka lihat di monitor pada akhir mereka sendiri, itu masih disebut juga sistem single-user.
Demikian penjelasan yang dapat saya sampaikan mengenai Sistem operasi single user, semoga dapat menambah wawasan anda.

Artikel Terkait