Skema dasar sistem komputer

Skema dasar sistem komputer terdiri dari empat macam komponen. Keempat komponen tersebut berinteraksi dan bekerja sama dan untuk mencapai suatu tujuan sistem komputer, yaitu komputasi.
Empat komponen pokok di sistem komputer yaitu :

  1. Pemroses
Pemroses bertindak sebagai pengolah data pengendalian operasi komputer.

  1. Memori utama
Memori berfungsi untuk menyimpan data dari program.
Sebelum dapat dieksekusi dan dimanipulasi program harus disimpan di memori utama. Jika sumber data energi (listrik) dihentikan, memori utama biasanya volatile, maksudnya tidak mampu mempertahankan data dan program yang disimpan.

 Sekarang ini, komputer mengikuti konsep dari Von Neumann yaitu konsep program tersimpan (stored program concept) maksudnya yaitu program (kumpulan perintah/intruksi) disimpan pada suatu tempat (memori), dan selanjutnya intruksi/perintah tersebut diambil untuk dieksekusi. Sasaran yang akan dicapai komputer bergantung atau sesuai dengan program yang disimpan untuk dieksekusi. Melalui cara itulah maksud tujuan penggunaan komputer bisa disesuaikan dengan mudah yaitu hanya dengan mengganti program yang disimpan di memori untuk dieksekusi. Dengan konsep ini akan menghasilkan fleksibelitas/ keluwesan kegunaan komputer.

  1. Perangkat masukan dan keluaran
Perangkat masukan dan keluaran berfungsi untuk memindahkan data antara komputer dan lingkungan eksternal.
Lingkungan eksternal dapat berupa beragam perangkat, misalnya seperti :
§  Perangkat penyimpan sekunder
§  Terminal
§  Perangkat komunikasi
§  Dan sebagainya
Perangkat-perangkat tersebut berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan luar sehingga akan timbul hubungan timbale balik yaitu komputer dipengaruhi lingkungannya dan komputer mempengaruhi lingkungannya. Melalui cara ini, komputer akan memberi manfaat untuk penggunaannya.

  1. Interkoneksi antar komponen
Interkoneksi antar komponen yaitu susunan/ struktur dan mekanisme yang menghubungkan ketiga komponen (pemroses, memori utama, dan perangkat masukan / keluaran).
Interkoneksi antar komponen secara fisik berbentuk perkawatan baik berbentuk perkawatan logam atau cara koneksi fisik lainnya. Komponen interkoneksi sebenarnya tidak hanya perkawatan melainkan aturan atau tatacara (protokol) komunikasi di antara elemen-elemen terhubung yang saling berkomunikasi supaya tidak kacau sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Ada banyak sistem bus, yang popular diantaranya yaitu ISA, PCI dan VESA.

Pada saat ini Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, Ada berbagai macam sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Sistem operasi adalah penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum adanya sistem operasi orang menggunakan komputer dengan menggunakan sinyal analaog da sinyal digital. Supaya lebih memahami sistem operasi maka perlu diketahui terlebih dahulu skema dasar sistem komputer itu sendiri.

Artikel Terkait