Cara Back Up Pengaturan Power Plan Windows 7 & 8

Apa sih fungsi Back up pada windows?, mungkin banyak yang bertanya seperti itu, jawabannya simple saja yaitu untuk menyimpan pengaturan computer kita, ini berguna jika sewaktu-waktu computer kita error dan solusinya cuma instal ulang saja. Dengan back up kita bisa mengembalikan settingan ulang windows seperti sebelum diinstal ulang. Bisakah memback up pengaturan power plan saja?, jawabannya bisa. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara back up pengaturan power plan yang bisa digunakan pada windows 7 dan 8.
Memback up pengaturan power plan bagi pengguna windows 7 dan 8 berguna untuk menyimpan pengaturan kita agar tidak harus mengatur lagi ketika setelah instal ulang, intinya dalam hal ini kita cukup import dan export dengan command prompt.
1. Masuk ke command prompt dengan kemampuan administrator. Caranya:
a. Klik start > all programs > accessories > command prompt dengan klik kanan dan run as administrator
b. Klik starat > all programs > accessories > run dan ketik “cmd” dan enter
2. Untuk melihat daftar power plan ketikkan powercfg list, lalu tekan enter
Cara Back Up Pengaturan Power Plan Windows 7 & 8

3. Untuk meng-export power plan harus dilakukan satu persatu dengan mengetikkan GUID yang ada di command prompt. Untuk meng-export ketikkan perintah ini
powercfg -export “%UserProfile%\Desktop\nama power plan.pow” GUID
NB :ganti nama power plan dengan power plan yang akan diexport bisa balanced, powersaver, dll. Ganti juga GUID dengan angka yang tertera pada list power plan.
contohnya ini adalah export power plan balanced, perhatikan.
Cara Back Up Pengaturan Power Plan Windows 7 & 8

4. Setelah muncul di desktop, pindahkan “Balanced.pow” ke mana saja asal jangan di local disk C dan di library, bisa ke local disk D atau E.
Cara Back Up Pengaturan Power Plan Windows 7 & 8

5. Untuk memuat setting power plan yang telah kita simpan ini, bisa dikembalikan lagi dengan cara mengcopy file power plan ke desktop dan ketikkan command seperti ini:
powercfg -import “%UserProfile%\Desktop\nama power plan.pow” GUID
6. Selesai
Itulah cara bagaimana memback up setting power plan bagi pengguna windows 7 dan 8, selamat mencoba.

Artikel Terkait