Trik Mudah Mengetahui Komputer Mengunakan BIOS atau UEFI

Bagaimanakah Trik Mudah Mengetahui Komputer Mengunakan BIOS atau UEFI? Wah pasti anda tidak akan tahu kalau tidak membaca tulisan kami ini. Perlu anda menegtahui, Bios dan UEFI adalah sebuah frimware computer. Firmware tersebut sangat berperan penting dalam sebuah media computer, karena mereka berfungsi untuk mengatur oprasi hardware serta load dan start saat sistem beroperasi.
Kata BIOS memang sudah menjamur di dalam media computer, namun sudahkan anda menegtahui UEFI? Peragkat ini fugsinya tidak beda jauh dengan BIOS. Kata UEFI atau Bahasa panjannya Unified Extensible Firmware Interface merupakan fremeware yang pertama kali dikenalkan oleh Intel Boot Initiative yang nama aslinya adalah EFI. Namun fremewhare in diambil alih oleh Unified EFI Forum dan akhirnya dinamakan UEFI.
UEFI kini dilengkapi dengan boot manager yang tidak membutuhkan boot loader terpisah dan hal ini akan memudahkan user dikarenakan system ini memberikan kecepatan untuk startup dan network yang lebih baik dan stabil. Meurut informasi yang kami peroleh, ternyata komputer Windows 8 kebanyakan datang dengan dukungan UEFI. Trus gimana dengan computer saya? Memakai BIOS apa UEFI? Nah gunanya artikel ini dibuat yaitu untuk memberitahu anda Trik Mudah Mengetahui Komputer Mengunakan BIOS atau UEFI?, marilah kita simak ulasan berikut ini.
Trik pertama untuk mengetahui BIOS atau UEFI adalah dengan membuka File Explorer atau Windows Explorer kemudian silahkan membuka folder dengan alamat C:\Windows\Panther. Disitu anda akan menemukan file bernama setupact.log.
Trik Mudah Mengetahui Komputer Mengunakan BIOS atau UEFI

Ketika anda sudah membuka setupact.log, langkah selanjutnya adalah anda harus membuka window Find pada computer anda dan tulislah “Detected Boot Environment” lalu tekan fine next.

Langkah terakhir, anda harus menemukan file yang bernama Detected Boot Environment dengan menu searching. Setelah selesai searching anda akan menemukan kata BIOS atau UEFI yang mempunyai ciri-ciri seperti di bawah ini.
1. Callback_BootEnvironmentDetect: Detected boot environment: BIOS
2. Callback_BootEnvironmentDetect: Detected boot environment: UEFI

Kesimpulanya, apabila komputer anda mendukung UEFI maka computer kamu memiliki Secure Boot dan computer tidak bisa diinstal sembarang OS jika Secure Boot masih dalam keadaan aktif. Dengan adanya artikel ini kamu bisa memeriksa, computer anda memakai BIOS atau UEFI? Demikian ulasan sigkat tentang Trik Mudah Mengetahui Komputer Mengunakan BIOS atau UEFI.

Artikel Terkait