--> Skip to main content

Cara Mengaktifkan dan Mematikan Fitur Aero Snap di Windows 10

Cara Mengaktifkan dan Mematikan Fitur Aero Snap di Windows 10 - Fitur Aero Snap adalah salah satu fitur aero yang sudah ada sejak Windows 7. Fitur ini fungsinya yaitu untuk merubah ukuran jendela aplikasi (baik itu Win32Apps maupun Modern Apps) menjadikan seukuran ¼ layar ataupun ½ layar sehingga dapat membuat pekerjaan menjadi lebih produktif.

Fitur Aero Snap ini juga berfungsi sebagai pelengkap dari fitur Aero Shake yang bisa berfungsi pada saat meminimizze jendela yang tidak dipakai.

Menggunakan Aero Snap

Pada saat fitur ini sudah aktif, cara pemakaiannya cukup dengan melakukan drag jendela kebagian kanan, kiri maupun bagian atas layar sampai muncul overlay transparaan. Pada saat overlay tampil anda bisa langsung drop supaya ukuran jendela bisa menyesuaikan. Untuk sisi tengah dari layar bisa anda pakai untuk aplikasi lainnya.

Selain dengan cara seperti itu untuk menjalankan fitur Aero Snap anda juga bisa menggunakan keyboard. Caranya yaitu dengan memakai kombinasi tombol Windows pada keyboard dan tombol panah (, ↑, →, ).
Cara Mengaktifkan dan Mematikan Fitur Aero Snap di Windows 10

Cara Mengaktifkan dan Mematikan Fitur Aero Snap

Secara default fitur ini di windows 10 bisa langsung dipakai, namun apabila tidak ataupun anda tidak menginginkan untuk menggunakan fitur ini maka anda dapat mengaturnya secara manual.
Caranya anda bisa membuka ‘Settings‘ (Tombol Win pada keyboard dan I). Kemudian navigasilah ke ‘System – Multitasking‘.
Cara Mengaktifkan dan Mematikan Fitur Aero Snap di Windows 10

Agar fitur aero snap aktif, pada opsi ‘Arrange windows automatically by dragging them to the sides of corners of the screen‘ anda cukup slide ke On.
Cara Mengaktifkan dan Mematikan Fitur Aero Snap di Windows 10

Selain mengatur Aero Snap supaya aktif, ada 2 pilihan lagi dibawahnya yang bisa kamu atur sesuai kebutuhan kamu. Pada pilihan ‘When I snap more than one window, automatically adjust the size of the windows‘ jika kamu Slide ke On, maka ukuran jendela secara otomatis akan berubah pada saat anda melakukan snap lebih dari satu jendela. Pada pilihan ‘When I snap a window, show what I can snap next to it‘ jika kamu slide ke On, maka akan menampilkan jendela mana yang bisa di snap sesudah melakukan snap yang ke satu.
Cara Mengaktifkan dan Mematikan Fitur Aero Snap di Windows 10

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang Cara Mengaktifkan dan Mematikan Fitur Aero Snap di Windows 10, semoga bisa dipahami.
Buka Komentar
Tutup Komentar