Tips memindahkan aplikasi ke memori eksternal di Windows 10 Mobile

Tips memindahkan aplikasi ke memori eksternal di Windows 10 Mobile - Walaupun memori Internal pada lumia dan smartphone Windows 10 mobile berukuran 8GB, akan tetapi terkadang dengan banyaknya aplikasi memori internal bisa habis.
Karena habisnya memeri internal, maka aplikasi sembarang akan dimasukkan ke dalam memro eksternal. Maka akan ditemui masalah notifikasi jarang tampil.
Pada kesempatan kali inilah kami akan  berbagi tips aplikasi apa saja yang perlu dipindah ke dalam memori eksternal dan mana saja aplikasi yang harus tetap ada dalam memori internal.
1. Memori Internal
Tips memindahkan aplikasi ke memori eksternal di Windows 10 Mobile

Aplikasi yang sebaiknya tersedia di memori internal yaitu aplikasi yang ada kaitannya dengan sosial media seperti Line, Facebook, WatsApp dan BBM.
Selain aplikasi tersebut, yang dirasa perlu ada di memori internal yaitu aplikasi yang sering digunakan misalnya aplikasi browser (Opera Mini, Chrome dan lain-lain), aplikasi peta, GPS dan lain-lain yang dirasa sering dipakai. Selain itu game yang dirasa berat juga perlu di pasang di Internal saja misalnya game Asphalt.
Mengapa dirasa semua perlu di taruh di Internal? Karena kemampuan read write di memori internal lebih cepat jika dibandingkan dengan memori eksternal (Walapun saat ini banyak memori eksternal yang transfer ratenya sampai 90MB/s)
Dengan seperti itu maka notifikasi bisa berjalan dengan lancar dan baik pada saat aplikasi tersebut dijalankan. Tetapi untuk notifikasi juga memerlukan koneksi internet yang cepat dan lancar.
2. Memori Eksternal
Tips memindahkan aplikasi ke memori eksternal di Windows 10 Mobile

Di memori eksternal kamu bisa menaruh aplikasi-aplikasi yang kamu perlukan tetapi jarang digunakan. Jangan menaruh aplikasi sosial media dan aplikasi yang berat sehingga memori eksternal pun lebih ringan.
Contoh aplikasi-aplikasi yang perlu ditaruh di memori eksternal yaitu aplikasi editor foto, aplikasi berita, mobile banking, video player VLC, PDF reader. Selain game-game ringan juga dapat di install di memori Eksternal seperti Candy Crush.
Cara Memindahkan Aplikasi
Untuk memindahkan aplikasi, kamu bisa membuka Storage atau membuka Settings – System – Storage. Kemudian pilih This Device (memori internal) atau SD Card. Kemudian, kamu bisa memilih aplikasi yang akan kamu pindah, dan pilih aplikasi tersebut kemudian pilih Move.
Namun penting untuk diketahui, sebainya kamu menggunakan memori eksternal yang sudah Class 10 atau yang lebih tinggi, karena kemampuan transfer ratenya 10 MB/ detik. Hal tersebut bertujuan supaya aplikasi bisa berjalan lancar.
Setiap pengguna tentunya berbeda-beda dalam penggunaan aplikasi jadi tentunya setiap pengguna berbeda dalam menempatkan aplikasi yang ada di internal dan eksternal. Intinya aplikasi atau game yang berat atau yang sering digunakan taruh saja di Internal dan yang jarang digunakan taruh saja di Eksternal.
Itulah Tips memindahkan aplikasi ke memori eksternal di Windows 10 Mobile, semgoa dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait