Cara Memproteksi Flashdisk dari Virus

Cara Memproteksi Flashdisk dari Virus - Flashdisk adalah media penyimpanan portable yang sekarang ini terpopuler. Dengan ukuran yang kecil membuat flashdisk mudah untuk di bawa kemana-mana dan menjadi tempat penyimpanan serta untuk saling bertukar data. Namun jangan heran kalau flashdisk rawan sekali terhadap virus. Nah untuk mengatasi masalah tersebut maka dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang cara melindungi flashdisk dari virus.
Cara Memproteksi Flashdisk dari Virus

Tanpa basa-basi lagi, dibaah ini adalah 3 tips yang dapat kalian praktekkan untuk proteksi flashdisk dari virus.

Membuat Flashdisk Write Protected / Read-Only
Jika ada teman yang ingin mengcopy data dari flashdisk, atau kamu tengah ingin mengumpulkan tugas melalui flashdisk, maka kamu bisa menjadikan flashdisk tersebut write protected / read-only untuk melindunginya dari virus.

Dengan wire protected, apabila ada orang yang mau mengcopy data dari flashdisk misalnya data tugas maka flashdisk kalian akan terlindungi dari virus. Saat ini beberapa flashdisk ada yang mempunyai panel untuk pindah dari mode full acces ke wire protected/ read only. Namun rata-rata flashdisk tidak mempunyai fitur tersebut. Apabila flashdisk kalian adalah flashdisk yang tidak dilengkapi panel wire protected, maka kalian bisa melakukannya secara manual melalui cara seperti ini:

Cara Membuat Flashdisk Write Protected

Cara seperti ini dapat kalian terapkan dalam kondisi apa saja, selama data flashdisk hanya untuk keperluan dibaca ataupun dipindah. Apabila kalian mau merubah data, maka kalian dapat membuka lagi proteksinya. Melalui cara seperti ini maka flashdisk kalian akan lebih kebal terhadap virus.

Melindungi dengan Antivirus Portable Terbaik untuk Flashdisk
Tidak semua komputer terlindungi dengan antivirus yang update. Mungkin komputer milik kalian aman karena terlindungi antivirus yang terupdate, namun bagaimana dengan komputer teman kalian, komputer umum, komputer sekolah?

Karena itulah kita perlu melengkapi flashdisk menggunakan antivirus portable. Dengan cara ini maka flashdisk kalain akan memperoleh perlindungan yang ekstra. Kenapa begitu? Karena setiap kali setelah mengcopy data dari komputer lain, maka kalian dapat dengan langsung menjalankan antivirus portable yang sudah ada di dalam flashdisk, ini bertujuan untuk memastikan bebas virus sebelum kalian colokan ke komputer kalian.

Cara sepert ini tergolong efektif untuk mencegah serta mengurangi penyebaran virus dan mengurangi resiko terinfeksi virus ke komputer kalian lewat flashdisk.

Dari banyaknya antivirus portable yang dapat berjalan langsung lewat flashdisk, terdapat 10 antivirus terbaik yang daftarnya dapat kalian lihat di:

Antivirus Portable Terbaik untuk Flashdisk

Berhati-hati
Tips yang terakhir dalam memproteksi flashdisk dari serangan virus yaitu kita harus lebih berhati-hati. Jangan sembarangan mencolokan flashdisk di komputer lain. Sebelum mencolokan flashdisk, perlu kalian pastikan terlebih dahulu komputer tersebut dilindungi antivirus yang update apa tidak.

Jangan mudah tertarik untuk membuka file atau mendownload file dari sumber yang kurang dapat dipercaya. Apabila kalian download software, pastikan kalian mendownload dari situs officialnya atau dari situs portal download yang sudah terpercaya.

Yang terakhir kalian pastikan komputer kalian juga terlindungi antivirus yang terupdate. Hal ini penting sekali supaya apabila flashdisk kalian terinfeksi virus dari komputer lain, maka virus tersebut tidak tersebar dan menginfeksi komputer kalian.

Itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang Cara Memproteksi Flashdisk dari Virus, semoga tutorial tersebut dapat memberikan manfaat untuk kalin.

Artikel Terkait