--> Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

Kelebihan dan kekurangan windows 7 - Setelah sebumnya membahas tentang kelebihan dan kekurangan Windows 8, rasanya kurang lengkap apabila tidak membahas tentang kelebihan dan kekurangan sistem operasi yang satu ini. Sistem operasi yang satu ini pernah menjadi yang populer setelah berakhirnya kepopuleran Windows XP, dan akhirnya kini tersalip oleh OS Windows 10. Nah sistem operasi tersebut tidak salah lagi yaitu Windows 7.

Pastinya ada beberapa alasan kenapa Windows 7 begitu populer, berdasarkan dari beberapa pendapat Windows 7 merupakan salah satu kompromi terbaik windows dari segi kesetabilan serta UI yang sederhana mudah untuk digunakan, alasan yang sama kurang lebih seperti kesukaan orang terhadap MacOS, namun pada Windows 7 mempunyai keunggulan dari segi fungsionalitasnya. Selain itu banyak software yang berjalan dengan baik di versi Windows 7. Karena beberapa alasan itulah sampai sekarang masih banyak orang yang mempertahankan untuk menggunakan Windows 7 di komputer maupun laptop mereka. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja tentang kelebihan dan kekurangan windows 7, simak penjelasannya berikut ini.

Kelebihan Windows 7

Berikut ini adalah beberapa dari kelebihan windows 7 yang membuat para penggunanya merasa nyaman dengan windows 7.

1. Windows 7 Stabil dan Lengkap
Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

Tentunya kita pernah mendengar keluhan tentang kurang stabilnya Windows 10. Hal seperti itu pastinya jarang ditemukan di Windows 7. Di Windows 7 itu sangat stabil serta mempunyai tingkat kompatibilitas dengan software pihak ketiga yang baik. Di windows 7 jarang sekali ditemui aplikasi yang crash hingga mengganggu performa Sistem Operasi.

Selain itu cukup lengkapnya driver yang bisa kompatibel dengan Windows 7. Jika anda menggunakan Windows 7 maka anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menyesuaikan hardware dengan Windows 7, terutama jika anda menggunakan hardware 2016 ke bawah, dikarenakan hardware yang dibuat 2016 ke atas itu dikhususkan untuk Windows 10.

2. Di Windows 7 Mudah Untuk Menemukan Software yang Kompatibel untuk Bekerja serta Aktivitas Produktif
Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

Apabila anda merupakan kalangan enterprise atau seorang pekrja yang banyak membutuhkan software pendukung untuk kerjaan, maka Windows 7 lah yang bisa menjadi jawabannya. Para pembuat software yang dibuat untuk kalangan enterprise rata-rata tidak akan melakukan upgrade software buatannya secara terburu-buru ke vesi yang lebih tinggi. Hal tersebut karena masih khawatir kalau OS yang baru belum stabil. Terkait dari hal tersebut, memang ketika Windows 10 baru dirilis, masih banyak para developer yang menunggu dan melihat, tidak secara buru-buru mengembangkan software untuk Windows 10. Itulah kenapa anda akan menemukan software yang lebih lengkap di Windows 7.

3. Di Windows 7 tersedia Multimedia yang Lengkap
Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

Dikarenakan pengembangannya yang sudah lama, maka hampir dipastikan semua multimedia bisa kompatibel jika diputar di Windows 7. Ketika kami menggunakan Windows 10 dan memutar video dengan pemutar default Windows 10 (Movie and TV), terdapat beberapa format yang tidak bisa diputar, dan tidak bisa memungkinkan untuk mengupdate codec, sehingga alternatifnya saya harus menggunakan pemutar multimedia dari pihak ke-tiga. Hal seperti itu beda dengan windows 7 yang lebih mempunyai codec yang lengkap, sehingga apabila anda bekerja atau mendalami dalam bidang multimedia, maka menggunakan windows 7 akan lebih mudahkan dalam membantu pekerjaan anda.

4. Di Windows 7 Learning Curve Lebih Mudah
Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

Dikarenakan Windows 7 mempunyai bentuk serta tampilan yang lebih sederhana, maka Windows 7 lebih mudah digunakan dan dipelajari sekalipun orang awam. Apabila dibandingkan dengan Windows 10 yang terkadang masih terlihat dualisme dalam UX nya, maka sudah jelas kalau Windows 7 itu lebih mudah digunakan. Itulah yang merupakan keuntungan jika menggunakan windows 7.

Kekurangan Windows 7

Selain mempunyai beberapa kelebihan, di Windows 7 tentunya juga mempunyai beberapa kekurangan, apalagi kalau anda menggunakannya di tahun 2018 ini. Di bawah ini adalah beberapa kekurangan dari Windows 7 yang perlu kamu ketahui.

1. Windows 7 Lebih rentan terhadap Virus
Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

Akhir-akhir ini terjadi tren virus yang secara global menyerang seperti Petya dan Wannacry, yang kebanyakan menyerang OS Windows 7 atau versi yang lebih rendah. Selain dikarenakan teknologi Windows 7 yang cukup familier bagi pembuat virus, ternyata windows 7 juga mempunyai basis pengguna yang cukup menggiurkan untuk mendapatkan keuntungan dari segi finiansial bagi seorang pembuat virus.

2. Support Windows 7 Akan Berakhir dalam Waktu yang Dekat
Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

Walaupun telah dikatakan kalau support Windows 7 telah berakhir pada 13 januari tahun 2015 yang lalu, namun sebetulnya yang berakhir ialah mainstream support, yang maksudnya Microsoft telah berhenti dalam hal merilis pembaruan desain, fitur serta fungsi-fungsi baru dan tidak lagi klaim jaminan terkait dengan OS tersebut. Tetapi, sebetulnya Windows 7 masih mempunyai support keamanan yang tanggal berlakunya sampai 14 Januari 2020 yang akan datang. Update keamanan tersebut untuk memastikan kalau OS dapat terlindungi dari ancaman digital yang terbaru.

Apabila support keamanan tersebut telah berakhir, maka pilihan yang dapat anda ambil hanya tinggal melakukan upgrade ataupun membeli sebuah perangkat, yang lebih baru lagi. Anda masih mempunyai waktu sekitar dua tahun lagi untuk menikmati windows 7 yang aman ini. Setelah itu, Windows 7 tidak akan menjamin lagi keamanan perangkat yang menggunakan windows 7.

3. Update Di Windows 7 yang Cukup Mengganggu
Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

Hal yang cukup menyebalkan di Widnows 7 salah satunya yaitu update yang cukup besar dan mengganggu. Microsoft cukup rajin dalam merilis update dengan volume yang cukup besar sehingga hal tersebut dapat memboroskan kuota internet kamu saat update.

Di Windows 10 Creators Update, hal tersebut telah diatasi melalui cara hanya mengirimkan file yang diperlukan untuk update, shingga nantinya akan dibutuhkan lebih sedikit data untuk melakukan update.

4. Windows 7 Mudah Menginstal Software = Cepat Melambat
Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

Dengan banyaknya software dari pihak ketiga yang kompatibel dengan Windows 7 itu ibarat pisau bermata dua. Registry yang digunakan dalam Windows menjadikan sampah registri jadi menumpuk secara cepat sehingga lama-kelamaan akan menjadikan windows 7 menjadi lebih lambat. Walaupun Windows 10 mempunyai kecenderungan yang serupa, tetapi apabila anda memanfaatkan UWP serta pihak ketiga resmi (seperti Adobe dan lain-lain), maka anda tinggal mencegah Windows 10 tertumpuk oleh sampah registry.

Windows 10 diciptakan berdasarkan pemikiran seperti itu. Karena itulah Microsoft di masa mendatang kemungkinan mengarahkan developer untuk mengembangkan aplikasi berbasis UWP sehingga bisa menjamin dari segi kualitas pengalaman penggunanya.

5. Kompatibilitas dengan Hardware Baru Di Widnows 7 Dibatasi
Kelebihan dan Kekurangan Windows 7

Sekarang ini banyak hardware yang baru dirilis, namun tidak kompatibel lagi dengan Windows 7, seperti intel core i7 yang terbaru dan AMD Ryzen. Tindakan tersebut mungkin dilakukan oleh Microsoft untuk mendorong para penggunanya agar lebih memanfaatkan dan menggunakan Windows 10 yang merupakan versi terbaru OS yang diluncurkan oleh Microsoft. Jadi apabila anda akan membangun sebuah PC dengan hardware yang terbaru, maka dapat dipastikan anda tidak akan bisa memanfaatkan Windows 7 lagi, melainkan solusinya anda akan menggunakan Windows 10.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Windows 7 yang dapat kami uraikan dalam artikel ini. Semoga apa yang kami uraikan di dalam blog sistem operasi komputer ini dapat memberikan manfaat untuk anda semua.
Buka Komentar
Tutup Komentar