--> Skip to main content

Cara Mencari Driver yang Tepat di Windows

Cara mencari driver yang tepat di windows - Salah satu yang merupakan hal penting supaya sistem Windows bisa berjalan dengan lancar yaitu driver. Driver mempunyai fungsi yang begitu penting yakni untuk menghubungkan antara hardware dengan windows. Jadi tanpa adanya sebuah driver pada windows, maka hardware tidak bisa dikenali sehingga tidak akan bisa berjalan dengan dengan semestinya. Karena itulah di sini kami akan memberikan tentang tips cara menemukan driver yang tepat di windows.

Ketika mendownload software driver, hal pertama yang dapat kamu coba ialah dengan cara mengecek website vendor hardware terlebih dahulu. Yang mana umumnya, website manufactur akan menyediakan software driver sesuai dengan hardware yang kita pergunakan. Tetapi, apabila driver tidak tersedia di website dengan beberapa alasan misalnya hardware yang kamu pakai sudah terlalu jadul, menggunakan windows x86 yang biasanya website tidak menyediakan untuk driver versi x86 bit tersebut. Maka kamu bisa melakukan beberap tips berikut ini untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Cara Mencari Driver yang Tepat di Windows

Cara menemukan driver yang tepat di windows tanpa bantuan software adalah sebagai berikut:
  • Navigasikan ke Device Manager.
  • Klik kanan pada driver yang akan kamu update kemudian pilih Properties.
    Cara Mencari Driver yang Tepat di Windows
  • Navigasikan ke tab Details kemudian buka menu drop down di bagian menu Property kemudian pilih Hardware Ids.
    Cara Mencari Driver yang Tepat di Windows
  • Selanjutnya akan tampil vendor id dari hardware tersebut, copy kemudian paste pada search engine misalnya di sini kami paste pada Google.
    Cara Mencari Driver yang Tepat di Windows

Apabila cara yang digunakan di atas tidak berhasil, maka kamu bisa menggunakan cara alternatif yaitu dengan menggunakan generic driver dari Microsoft yang dapat kamu peroleh melalui Windows Update. Apabila tidak berhasil juga, maka kamu bisa menggunakan software bantuan untuk menemukan driver, misalnya kamu bisa menggunakan DriverPack Solution, walaupun tidak recommended sebab kamu diharuskan untuk mendownload library driver yang ukurannya rata-rata di atas 5GB ++.

Jadi apabila kamu ingin memperoleh driver yang tepat, ada cara yang dapat kamu lakukan yaitu:
  • Cek website manufactur.
  • Mencarinya dengan Hardware Ids.
  • Menggunakan Generic driver Microsoft (melalui Windows Update).
  • Menggunakan Software pihak ke-3.

Demikian tutorial tentang cara mencari driver yang tepat di windows. Semoga apa yang kami bagikan dalam blog sistem operasi komputer ini dapat bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar