--> Skip to main content

Cara Mengetahui Tipe Driver Komputer (SSD atau HDD)

Cara mengetahui tipe driver komputer (SSD atau HDD) - Tutorial ini mungkin terbilang biasa bagi kamu yang sudah familiar dengan komputer atau laptop. Namun bagi kamu yang masih awam mungkin perlu mengetahui tutorial ini yaitu agar bisa mengetahui tipe hard drive yang ada di komputer atau laptop. Apakah hard drivenya SSD (Solid Stated Drive) ataukah HDD (Hard Disk Drive)? Mengetahui dengan membuka komputer atau lapatop, jelas bukan pilihan yang tepat (bahkan mungkin diantara teman-teman masih kesulitan untuk membedakan antara tipe HDD 2,5” dengan SSD). Maka dari itulah bagi kamu yang belum tahu cara mudahnya untuk mengetahui tipe drive komputer kamu maka kamu bisa menyimak tutorial yang kami tulis ini.

Apabila kamu menggunakan windows 8, kamu dapat menekan tombol Windows kemudian cari Optimize, lalu pilih Defragment, setelah itu optimize drive tersebut.
Cara Mengetahui Tipe Driver Komputer (SSD atau HDD)

Apabila menggunakan Windows 10, kamu bisa dengan menekan tombol Cortana atau dengan shortcut Windows+C, kemudian ketiklah Defrag, setelah itu klik menu Defragment and Otpimize Drive yang muncul.
Cara Mengetahui Tipe Driver Komputer (SSD atau HDD)

Maka komputer atau laptop kamu akan menampilkan sebuah kotak dialog menu Optimize Drives, di situ telah dijelaskan apakah drive kamu adalah SSD ataukah HDD, gimana sukup simpel kan.

Sesudah kamu memperoleh informasi, kamu dapat menutup kotak dialog defrag tersebut, jadi tidak perlu melanjutkan prosedur defrag. Di sini yang kami maksudkan yaitu hanya untuk mengakses UI defrag untuk mengetahui tipe drive.

Selain cara tersebut bisa juga menggunakan cara lain utnuk mengetahui tipe drive kamu apakah SSD ataukah HDD, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Sebagai contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui tipe drive yaitu Speccy. Speccy merupakan aplikasi yang bisa memberikan wawasan terhadap komputermu, termasuk apakah tipe drive kamu HDD ataukah SSD.

Download Speccy di sini.

Jika Speccy telah kamu install, kamu tinggal menjalankannya, dan kamu akan memperoleh info yang cukup mengenai spec komputer atau laptop kamu.
Cara Mengetahui Tipe Driver Komputer (SSD atau HDD)

Kamu juga dapat mengklik storage untuk memperoleh informasi lebih lengkap tentang drive kamu.

Itulah tutorial yang dapat kami sampaikan tentang cara mengetahui tipe driver komputer (SSD atau HDD). Semoga tutorial-tutorial yang kami tulis dalam blog sistem operasi komputer ini dapat memberikan manfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar