Cara mempercepat booting windows 10

Cara mempercepat booting windows 10 - Permasalahan proses boting di windows yang lambat sering kali membuat seorang pengguna kesal karena menunggu lamanya proses booting tersebut. Kebanyakan orang jika mengalami booting yang lambat misal di windows 10 pasti akan memilih untuk menginstall ulang.
Dengan menginstall ulang memang benar bisa mengatasi permasalahan tersebut dan fresh kembali. Tetapi untuk mengatasinya tidak perlu repot-repot install ulang windows yang cukup memakan waktu yang lama. Untuk mengatasi booting yang lama di windows 10 anda bisa mencoba referensi yang kami bagikan dalam artikel ini.
Lebih Baik Sedikit Icon Desktop
Kenapa begitu? Karena pada saat log in ke Desktop, semua tampilan yang ada didesktop akan di load system. Jadi, apabila shortcut atau file yang ada di desktop semakin banyak, maka sistem akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk meloadnya.
Cara mempercepat booting windows 10

Terdapat cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Yang pertama kamu bisa menghapus Shorcut/ file yang tidak diperlukan yang ada di desktop. Caranya seperti pada tampilan berikut ini.
Cara mempercepat booting windows 10

Yang kedua, kamu bisa menggabungkan file dan Shortcut yang terdapat di desktop dalam satu folder. Melalui cara seperti itu maka sistem tidak perlu meload terlalu lama tampilan yang terdapat di desktop, jadi hanya meload satu folder saja.
Cara mempercepat booting windows 10

Yang terakhir, icon-icon tersebut dapat kamu sembunyikan melalui cara klik kanan – View – tanda centang di hilangkan pada ‘View desktop icon’.
Cara mempercepat booting windows 10

Mengatur Aplikasi apa saja yang Berjalan Pada Saat Windows Login
Aplikasi yang berjalan secara otomatis dalam jumlah yang banyak akan mempengaruhi kecepatan sistem booting windows. Semakin banyak aplikasi yang berjalan otomatis maka booting akan makin lambat. Cara untuk mengaturnya, bisa kamu buka ‘Task Manager’ kemudian navigasi ke tab ‘Startup’.
Cara mempercepat booting windows 10

Kamu pilih aplikasi apa saja yang memang kamu perlukan pada saat pertama kali kamu membuka komputer. Namun kamu juga perlu memperhatikan di bagian ‘Startup Impact’ karena apabila aplikasi yang kamu perlukan di bagian Startup Impact termasuk ‘High’ maka kamu perlu memikirkannya karena bisa memerlukan waktu untuk booting kurang lebih 1 detik.
Fitur Fast Startup di aktifkan
Fitur ini mungkin sudah tidak asing lagi, karena semenjak era windows 8 fitur ini sudah ada. Secara default fitur ini aktif, namun apabila tidak maka kamu bisa mengaktifkannya melalui cara membuka Power Options, kemudian pilih ‘Choose what the power button does‘.
Cara mempercepat booting windows 10

Untuk mengaktifkan Fast Startup bisa dengan klik kanan di bagian ‘Change settings that are currently unavailable‘ yang terletak di bagian atas menu, dengan seperti itu maka fitur fast startup akan terbuka, centang pada ‘Turn on fast startup (recommended)‘. Jika telah selesai untuk menyimpan perubahan klik ‘Save changes‘.
Cara mempercepat booting windows 10

Scan Komputer kamu Dengan Anti Virus Secara Berkala
Yang menyebabkan lambatnya Windows 10 pada proses booting yaitu karena adanya sistem yang terinfeksi virus, worm malware, trojan, dan lain-lain. Karena itulah kamu perlu rutin scan dengan  software anti virus, seperti Bit-Defender, Avast, kapersky atau bisa dengan Windows Defender yang merupakan bawaan Windows 10.
Cara mempercepat booting windows 10

Pada saat kamu memiliki anti virus andalan, jangan lupa update versi anti virus tersebut supaya tetap secure dari virus.
Itulah sedikit informasi yang dapat kami bagikan mengenai Cara Mempercepat Booting di Windows 10. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat. Baca juga artikel tentang Cara sederhana untuk mempercepat kinerja Windows 10.

Artikel Terkait