--> Skip to main content

Cara Mengatur User Account Control Windows 10

Cara Mengatur User Account Control Windows 10 - User Account Control (UAC) telah muncul sejak era Windows Vista. User Account Control merupakan sebuah sistem keamanan yang dibuat untuk Windows bertujuan untuk memberitahukan apabila ada software yang mempunyai potensi melakukan perubahan sistem. Dengan adanya User Account Control (UAC) ini maka kamu bisa memilih untuk melanjutkan atau tidak dalam menjalankan/ instalasi software baru.

Seperti halnya Windows SmartScreen. User Account Control juga bisa kamu atur sesuai yang kamu inginkan. Beda lagi dengan Windows Vista yang UAC nya “bawel” karena hampir setiap kita inign menjalankan suatu software selalu melalui UAC dulu.

Mengatur User Account Control

Langkah pertama kamu buka Control Panel. Kemudian kamu navigasikan ke ‘System and Security – Security and Maintenance – Change User Account Control settings yang letaknya ada di bagian sisi kiri. Bisa juga dengan cara membuka RUN kemudian ketik ‘UserAccountControlSettings‘ dan enter.
Cara Mengatur User Account Control Windows 10

Sesudah jendela User Account Control (UAC) terbuka. Ada 4 tingkatan UAC, kamu bisa mengatur bar ke atas atau ke bawah sesuai yang kamu inginkan. Ketentuannya adalah sebagai berikut ini:
  • Always notify me when: Ketika ingin menginstall aplikasi baru atau melakukan perubahan terhadap sistem maka sistem akan selalu menampilkan UAC.
  • Notify me only when apps try to make changes to my computer (default): Ketika user ingin menginstall aplikasi baru maka sistem akan memunculkan UAC.
  • Notify me only when apps try to make changes to my computer (do not dim my desktop): Seperti pada no 2, yang membedakan yaitu pada pilihan ini layar tidak akan meredup/ dim pada saat munculnya UAC.
  • Never notify me when: Ketika aplikasi baru akan terinstall atau ketika melakukan perubahan terhadap sistem, maka sistem tidak akan menampilkan UAC.
Cara Mengatur User Account Control Windows 10

Apabila telah memilih, kamu klik saja OK agar perubahan tersimpan. Kemudian akan muncul persetujuan UAC seperti berikut ini klik saja Yes.
Cara Mengatur User Account Control Windows 10

Itulah Cara Mengatur User Account Control Windows 10 yang bisa kami uraikan dalam artikel ini, semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar