Cara Membuat Flashdisk Write Protected

Cara membuat flashdisk write protected - Dalam artikel kemarin kami telah membahas tentang cara format flashdisk write protected. Nah sekarang kami akan membahas hal yang sebaliknya yaitu cara membuat flashdisk write protected. Membuat flashdisk menjadi write protected ternyata ada manfaatnya, apa sajakah manfaatnya? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Dengan membuat write protect flashdisk itu berarti flashdisk menjadi sebagai read-only. Maksudnya yaitu dapat dibaca datanya namun tidak dapat ditambahkan data baru dan data yang ada di dalamnya tidak bisa dihapus. Lalu apa manfaatnya? Tentunya manfaatnya yaitu data yang ada di flashdisk lebih aman sebab data tersebut hanya dapat dibaca tetapi tidak bisa diotak-ataik bahkan tidak bisa diformat.
Cara Membuat Flashdisk Write Protected

Untuk memformat flashdisk yang write protected tidak bisa dilakukan dengan format biasa. Tetapi harus menggunakan cara ini: cara format flashdisk write protected.  Namun rata-rata orang hanya mengetahui cara format bisa untuk memformat flashdisk. Maka dari itu cara membuat flash disk write protect ini dapat dibilang membuat data menjadi aman. 
Cara Membuat Flashdisk Write Protected

Berikut ini adalah hal yang membuat cara memproteksi flashdisk dengan write protected ini cocok apabila:
  • Isi Flashdisk kalian adalah data backup
  • Isi Flashdisk kalian adalah data tetap, contohnya data master instalasi Windows
  • Data yang tidak ingin terhapus atau hilang

Apabila cara proteksi flashdisk dengan write protected dirasa cocok untuk keperluan kalian sekarang ini, di bawah ini adalah cara untuk melakukannya.

Cara membuat flashdisk menjadi write protected

Langkah pertama colokan flashdisk yang berisi data yang akan diproteksi, sesudah itu bukalah Command Prompt (CMD) dengan Run as Administrator.
Cara Membuat Flashdisk Write Protected

Ketikkan perintah DISKPART lalu enter. Kemudian lanjut dengan mengetikkan LIST DISK  lalu enter. Maka akan tampil daftar disk, lihatlah pada disk berapa flashdisk kalian. Pada praktek ini flashdik kami ada di Disk 1.
Cara Membuat Flashdisk Write Protected

Setelah itu ketikkan command SELECT DISK 1 lalu enter ini tujuannya untuk memilih flashdisk tersebut.
Sesudah itu berilah proteksi read-only dengan mengetikkan perntah ATTRIBUTES DISK SET READONLY lalu enter.

Apabila telah berhasil, kalian dapat memastikannya dengan cara mengetikkan perintah ATTRIBUTES DISK lalu tekan enter, maka hasilnya akan tampil status Read-only: Yes.
Cara Membuat Flashdisk Write Protected

Sekarang tinggal tutup Command Prompt dan flashdisk kalian kini telah terproteksi dengan write protected/ read-only. Sekarang data yang ada di dalam flashdisk tetap dapat kalian akses, copy namun tidak dapat dihapus, diedit bahkan ditambahkan data baru.

Cara membuat flashdisk tidak write protected
Jika kalian ingin mengembalikannya caranya mudah, lakukan cara serupa namun pada perintah akhir, ubahlah perintahnya dari ATTRIBUTES DISK SET READONLY menjadi ATTRIBUTES DISK CLEAR READONLY.
Cara Membuat Flashdisk Write Protected

Itulah cara membuat flashdisk write protected yang dapat membuat flashdisk menjadi lebih aman. Semoga tutorial di atas dapat bermanfaat untuk kalian. Sampai ketemu lagi di tutorial teentang komputer selanjutnya.

Artikel Terkait