Cara Mengembalikan File yang Hilang di Flashdisk karena Terhapus

Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk karena terhapus - Terdapat banyak penyebab yang dapat membuat file di flashdisk terhapus atau hilang. Mulai dari terhapus karena virus, terhapus tanpa sengaja, tercabut ketika proses read/ write, atau penyebab fisik seperti flashdisk terjatuh, dan sebagainya. Apabila kalian mengalami hal seperti itu, dan ingin mengembalikan file yang terhapus tersebut solusinya bisa dengan menggunakan software file recovery.

Terdapat banyak software file recovery yang dapat kalian gunakan, namun dalam tutorial ini kami akan memberikan tutorial mengembalikan file yang hilang dengan menggunakan software recuva. Software recuva selain gratis juga powerful, software ini dibuat oleh developer yang terpercaya yang mmerupakan pengembangan aplikasi yang populer CCleaner.

Langkah Pertama: Download Recuva dan Install
Langkah pertama yang perlu kalian lakukan agar file yang terhapus dapat kembali yaitu download Recuva. Kalian dapat mendownload Recuva di sini:

Download Recuva

Walaupun terdapat versi Pro yang  berbayar,namun versi yang gratis sudah cukup untuk kalian gunakan.Jika Recuva sudah terdownload, selanjutnya install Recuva.
Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk karena terhapus

Cara Mengembalikan File yang Hilang di Flashdisk karena Terhapus

 
Langkah ke dua: Scan File yang Hilang di Flashdisk
Langkah berikutnya yaitu colokan flashdisk, kemudian buka Recuva, lalu scan file yang terhapus pada flashdisk tersebut.

Pada awal proses kalian akan disuguhi wizard, kalian dapat memilih tipe file yang akan kalian cari, apakah file tersebut berupa foto, musik, dokument, file terkompresi(.rar, .zip) ataupun video. Selain itu kalian juga dapat memilih untuk menampilkan seluruh file.

Untuk lokasi pencarian file yang hilang, kalian pastikan memilih In a spesific location > Browse > kemudian pilih drive USB Flashdisk.

Sesudah itu klik Next > Start kemudian tunggulah sampai Recuva menemukan file yang terhapus/ hilang di flashdisk kalian.

Dalam waktu yang tidak lama kalian akan menemukan file-file yang terhapus pada flashdisk kalian. Beberapa detail yang perlu untuk kalian perhatikan yaitu Filename, warna bulatan, dan State.

Apabila bulatan berwarna hijau dengan state Excellent, maka dapat dipastikan kalau file yang terhapus pada flashdisk tersebut dapat dikembalikan lagi. Tetapi apabila bulatannya berwarna merah dengan state unrecoverable, maka dapat dipastikan kalau file tersebut tidak dapat kembali lagi. Namun apabila bulatan berwarna orange dengan state Poor, maka ada kemungkinan dapat dikembalikan lagi namun file corrupt.

Namun kali ini kami beruntung karena file yang akan kami kembalikan semuanya berwarna hijau dengan status State Excellent, jadi sekarang tinggal mencentang saja file yang akan dikembalikan, kemudian pilih Recover.

Sesudah itu pilihlah dimana kalian akan menyimpan file yang dikembalikan tadi.

Apabila sudah, maka file yang terhapus atau hilang telah berhasil kalian kembalikan dan dapat kalian akses seperti dulu.

Keterangan Penting
File yang telah terhapus, tidak semuanya dapat dikembalikan dengan baik. Ada yang dapat dikembalikan namun coruupt, ada juga yang tidak dapat dikembalikan sama sekali. Agar peluang keberhasilan semakin besar, maka kalian harus sesegera mungkin merecovery file ketika kalian menyadari file tersebut telah terhapus atau hilang.

Hal tersebut dikarenakan apabila sektor tempat penyimpanan file yang hilang terisi oleh file yang lain (overwritten), maka peluang untuk mengembalikan file yang terhapus lagi sangatlah kecil.

Jadi kalian pastikan kalau sadar ada file-file penting yang terhapus atau hilang pada flashdisk tanpa disengaja, maka sebaiknya langsung melakukan recovery dengan cara yang kami berikan di atas.

Software lain untuk Mengembalikan File Terhapus
Selain dengan menggunakan tool recuva di atas, masih terdapat tool lainnya yang dapat kalian pakai untuk mengembalikan file yang hilang atau terhapus di flashdisk. Berikut ini adalah daftar tool tersebut.


Dengan menggunakan cara yang sama seperti di atas, dapat kalian gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di hardisk, SDcard/ microSD, hardisk eksternal dan SSD.

Demikianlah tutorial tentang Cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk karena terhapus yang dapat kami bagikan. Semoga tutorial seputar ilmu komputer tersebut dapat bermanfaat.

Artikel Terkait