--> Skip to main content

Cara Membuat Web Werver Menggunakan XAMPP

Seringin dengna berkembangya teknologi, banyak orang yang ingin belajar membuat sebuah web server, dan ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan dalam membuat sebuah web server. Jika sebelumnya kami telah membbahas tentang cara membuat web server menggunakan IIS, maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat web server menggunakan XAMPP. Cara membuat web server dengan XAMPP ini merupakan cara terpopuler dan banyak digunakan. Dengan menggunakan XAMPP kamu dapat membuat sebuah web server Apache dengan sangat mudah di Windows dan juga sudah include dengan MariaDB, PHP serta Perl.

Jika kamu belum punya aplikasi XAMPP kamu bisa mendownloadnya disini. Kemudian kamu install XAMPP di Windows. Jangan menginstall XAMPP di drive C sebab ada beberapa fungsi yang terganggu akibat UAC (User Account Control yang aktif. Lebih mudahnya kamu dapat menginstall di drive D atau drive lainnya selain C.
Cara Membuat Web Werver Menggunakan XAMPP

Sesudah proses instalasi selesai, maka kamu klik Start saja service module yang akan kamu aktifkan.
Cara Membuat Web Werver Menggunakan XAMPP

Sekarang kamu hanya tinggal meletakan folder root website kamu pada folder instalasi xampp\htdocs\
Cara Membuat Web Werver Menggunakan XAMPP

Apabila sudah, untuk mengaksesnya kemu hanya perlu membuka browser, dan selanjutnya ketik localhost/namafolderwebsite/. Maka secara ototmatis website akanterbuka di local server.
Cara Membuat Web Werver Menggunakan XAMPP

Nah seperti itulah tutorial tentang cara membuat web server menggunakan xampp yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga tutorial-tutorial yang kami bagikan dalam blog sistem operasi komputer dapat memberikan manfaat bagi kamu yang mencari tutorial seputar komputer.
Buka Komentar
Tutup Komentar