--> Skip to main content

Cara Mengetahui Model Motherboard Dengan Tanpa Membuka CPU

Cara mengetahui model motherboard tanpa membuka CPU – saat anda ingin mengupdate driver, dan mengecek hardware yang sesuai atau hanya sekedar ingin tahu saja. Salah satu caranya dengan membuka CPU. Namun bagaimana jika anda tetap tidak menemukannya? Ataupun bahkan malas jika harus membuka casing PC hanya demi melihat dari label seri motherboard yang ada didalamnya? Dibawah ini Cara mengetahui model motherboard tanpa membuka CPU.
Cara Mengetahui Model Motherboard Dengan Tanpa Membuka CPU

Ada banyak situasi saat anda mengharuskan untuk mengetahui dari model motherboard, misalnya dengan upgrade driver, dan membeli hardware baru (atau membeli RAM), serta mengecek kecocokan dari hardware yang ingin anda beli.
1.Cara Mengetahui Model Motherboard Tanpa Membuka CPU via CMD.
Bila terbiasa memakai command line, anda akan lebih gampang untuk mengecek mobo sekaligus hardware dengan memakai Windows_Management_Instrumentation Command-line atau WMIC. Menggunakan WMIC tool, anda bisa masuk pada baseboard guna mengecek status motherboard misalnya perusahaan, model, nama, slotlayout, partnumber, serialnumber dll.
a.yang pertama adalah buka command prompt, dengan tekan Win+R, dan ketikkan cmd lalu Enter.
b. selanjutnya ketikkan atau paste dari perintah.
Wmic_baseboard_get_product,Manufacturer,version,serialnumber
Cara Mengetahui Model Motherboard Dengan Tanpa Membuka CPU

Dan dari informasi tersebut, perusahaan yang telah membuat mobonya ialah Intel, dan modelnya DG41WV, dengan tool WMIC telah menampilkan informasi untuk serial number. Seluruh informasi yang anda butuhkan terdapat di WMIC, namun bila menyukai tampilan dari GUI maka anda bisa memakai aplikasi bantuan.
2.Cara Mengetahui Model Motherboard Tanpa Membuka CPU via Speccy.
Cara Mengetahui Model Motherboard Dengan Tanpa Membuka CPU

Yang dimaksud speccy ialah salah satu dari aplikasi bantuan yang dapat mengecek model motherboard pada tampilan GUI atau metode yang digunakan dari tool WMIC, anda bisa mendapatkan aplikasi tersebut secara gratis sekaligus mudah digunakan.
Tidak hanya dengan informasi model motherboard, terdapat juga informasi tentang Operating System, CPU, RAM, serta Graphic dll. Anda bisa melihatnya secara jelas pada sisi kiri panel tersebut yang ada pada gambar atas. Demikian artikel terkait Cara mengetahui model motherboard tanpa membuka CPU. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Buka Komentar
Tutup Komentar