--> Skip to main content

Cara Mengubah Default Boot Sistem Operasi di Windows

Cara Mengubah Default Boot Sistem Operasi di Windows - Menginstall dual boot atau lebih dari satu sistem operasi adalah suatu pilihan yang sering digunakan untuk memperoleh fitur pada sistem operasi tanpa harus mengganti sistemm operasi yang lain.

Sebagai contoh apabila anda mempunyai Windows 7 dan juga ingin mempunyai Windows 10 (dengan berbagai fitur barunya) namun anda tidak ingin mengganti Windows 7 dengan Windows 10. Maka solusinya anda harus menginstall Dual Boot agar anda bisa memasang 2 sistem operasi yaitu Widnows 7 dan Windows 10.

Perlu anda ketahui. Kalau anda menginstall lebih dari satu sistem operasi, secara otomatis Sistem operasi yang baru menjadi default boot, atau dengan kata lain komputer akan menggunakan sistem operasi tersebut apabila anda tidak memilih salah satu dari sistem operasi dalam boot  menu.

Namun kita masih bisa mengganti default boot tersebut dengan cara-cara yang akan kami bagikan dalam artikel ini. Yaitu artikel tentang Cara Mengubah Default Boot Sistem Operasi di Windows.

Cara Mengganti Default Boot

Bukalah kotak RUN (Tekan tombol Windows dan R), kemudian ketiklah msconfig.
Cara Mengubah Default Boot Sistem Operasi di Windows

Selanjutnya navigasikan ke tab Boot, kemudian pilihlah salah satu sistem operasi yang akan anda jadikan sebagai default boot. Setelah itu klik pilihan Set as Default. Apabila sudah klik OK agar perubahan disimpan.
Cara Mengubah Default Boot Sistem Operasi di Windows

Untuk memperoleh perubahan, sistem akan meminta untuk reboot kembali. Maka anda bisa merestart komputer sekarang atau bisa juga tanpa restart.
Cara Mengubah Default Boot Sistem Operasi di Windows
Buka Komentar
Tutup Komentar