--> Skip to main content

Cara Restart Windows Explorer

Cara Restart Windows Explorer - Salah satu komponen penting yang terdapat di sistem operasi Windows adalah Windows Explorer. Sebab di Windows Explorer kalian dapat melakukan berbagai hal, seperti membuka file, melihat kapasitas partisi, managemen file dan lain-lain.

Namun kadang terdapat masalah pada Windows Explorer seperti freeze bahkan mengalami not responding . Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan merestart Windows Explorer, karena cara inilah yang cukup efektif untuk dilakukan jika aplikasi  windows mengalami not responding.
Cara Restart Windows Explorer

Restart Windows Explorer

Ada 2 cara yang dapat kalian lakukan untuk merestart Windows Explorer. Cara pertama kalian bisa melakukannya melalui Task Manager atau bisa juga dengan menggunakan shortcut.

Silahkan Buka Task Manager, setelah itu scroll ke bawah sampai kalian menjumpai proses Windows Explorer (Biasanya ada di kategori Widnows Processes). Apabila telah ketemu, klik kemudian pilihlah Restart. Maka tampilakn akan flash untuk beberapa saat itu tandanya Windows Explorer sedang direstart.
Cara Restart Windows Explorer

Cara restart Windows Explorer yang kedua, kalian dapat menampilkan pilihan tersebut dengan menekan Shortcut pada keyboard. Shortcutnya yaitu dengan menekan kombinasi tombol CTRL + SHIFT, kemudian klik kanan di bagian taskbar dan pilihlah Exit Explorer.
Cara Restart Windows Explorer

Namun cara seperti ini tidak dapat merestart atau membuka Windows Explore secara otomatis seperti yang dilakukan pada cara pertama. Jadi kalian jangan kaget apabila tampilan taskbar, wallpaper, icon desktop menghilang. Kalian hanya perlu melakukan proses baru dengan membuka lagi Taskbar caranya dengan menekan shortcut CTRL + SHIFT + ESC. Setelah itu pilihlah File – Run new task – ketiklah explorer.
Cara Restart Windows Explorer

Bagaimana cukup mudah kan Cara Restart Windows Explorer, semoga tutorial tersebut bisa membantu kalian.
Buka Komentar
Tutup Komentar