--> Skip to main content

Cara Melihat History Command Prompt

Cara melihat history command prompt - Bagi kamu yang sering mengoperasikan sistem operasi Windows di komputer, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Command Prompt, mulai dari hal yang sederhana seperti untuk mengetahui Mac Address, sampai ke tingkat lanjug seperti untuk menintegrasikan Update Windows ke file ISO Windows.
Cara Melihat History Command Prompt

Dalam tutorial kali ini kami akan membagikan kepada kamu tentang tutorial cara supaya kamu bisa mengetahui history perintah yang sudah pernah kamu gunakan pada Command Prompt, baik itu perintah yang benar ataupun yang salh ketik/ typo. Mungkin biasanya kamu menggunakan tombol panah ke atas dan ke bawah untuk melihat history perintah. Namun pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara yang lain supaya kamu bisa melihat history perintah Command Prompt.

Cara Melihat History Perintah Command Prompt

  • Bukalah Command Prompt, bisa menggunakan Run as Administrator atau tanpa menggunakan Run as Administrator.
  • Ketiklah perintah apapun sesuka hati kamu, terlepas itu kamu mengetik perintah yang benar ataupun perintah yang salah.
  • Untuk dapat melihat history perintah, tekan saja F7 atau Fn dan F7. Dengan cara seperti itu maka akan tampil pop-up dan terlihat daftar perintah yang tadi telah diketikkan.
    Cara Melihat History Command Prompt
  • Kamu bisa bernavitasi dengan menggunakan tombol panah ke atas atau ke bawah untuk memilih perintah yang tadi telah diketikkan. Untuk menjalankan perintah yang diinginkan, tekan saja Enter.
  • Selain dengan cara menggunakan F7, kamu juga bisa menggunakan perintah doskey /history.
Cara Melihat History Command Prompt

Apabila tertarik, kamu bisa mengekspor history perintah ke file text dengan cara mengetikkan perintah berikut ini.
doskey /history > C:\Users\rizky\Desktop\history.txt
Cara Melihat History Command Prompt

Kamu bisa mengganti tulisan yang warnanya merah dengan path dimana file akan tersimpan. Perlu untuk diketahui, bahwa history hanya akan tercatat di setiap sesi membuka Command Prompt saja. Atau dengan kata lain, apabila kamu menutup Command Prompt, dan kamu membuka lagi Command Prompt maka history perintah secara otomatis akan terhapus.

Itulah tutorial yang dapat kami bagikan kepada kamu tentang cara melihat history Command Prompt. Semoga tutorial di atas yang kami tulis dalam blog sistem operasi komputer ini bisa bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar