--> Skip to main content

Cara Agar Laptop Tidak Sleep Otomatis

Cara agar laptop tidak sleep otomatis - Di Windows memang terdapat sebuah fitur yang dapat membuat komputer/ laptop sleep secara otomatis apabila tidak ada aktivitas apapun selama beberapa waktu. Tentunya hal itu sangat bermanfaat sekali untuk menghemat daya, sekaligus dapat membuat umur berbagai komponen laptop/ komputer lebih panjang. Namuun meskipun mempunyai manfaat yang baik, terkadang ada saatnya dimana kamu tidak menginginkan kalau laptop kamu mengalami sleep secara otomatis, misalnya yaitu ketika kamu menunggu proses download selesai, atau ketika menonton video streaming di browser, dan lain-lain. Lalu bagaimanakah cara agar laptop tidak sleep otomatis windows 10 ,8 dan 7? cara agar laptop tidak sleep otomatis windows 8 ,7 dan 10 bisa kamu lakukan dengan cara-cara berikut ini.

Cara Mengatur Laptop agar Tidak Sleep Otomatis (Cara Tidak Praktis)

Langkah pertama yaitu pastinya dengan mematikan sleep seluruhnya. Di Windows 10 dan 8 kamu hanya perlu membuka Settings -> System -> Power & sleep, kemudian atur opsi ke Never, kemudian Save changes.
Cara Agar Laptop Tidak Sleep Otomatis

Sedangkan apabila menggunakan Windows 7 kamu buka saja Start -> ketikkan Power Options -> lalu buka. Di bagian kiri, kamu klik saja menu Change when the computer sleep. Sesudah itu untuk mematikan sleep secara otomatis di Windows 7, kamu atur opsi ke Never kemudian Save changes.
Cara Agar Laptop Tidak Sleep Otomatis

Namun meskipun mudah, cara seperti itu tidaklah praktis, terutama apabila kamu hanya ingin mematikan sleep dalam waktu beberapa saat saja. Dan jika kamu mengubah pengaturan sleep berkali-kali, cara seperti itu tidaklah praktis. Cara yang praktis agar laptop/ komputer kamu tidak sleep otomasi yaitu dengan bantuan sebuah aplikasi. Caranya simak tutorial berikut ini.

Cara Setting Laptop Agar Tidak Sleep Otomatis (Cara Praktis)

Terdapat banyak aplikasi yang dapat mudahkan kamu untuk mencegah komputer/ laptop sleep secara otomatis. Namun aplikasi yang kami gunakan di sini yaitu Caffeine. Caffeine dapat berjalan secara baik di Windows 10, dan tentunya juga lancar di Windows 7 dan 8.

Begitu saat kamu jalankan, terdapat icon Cangkir kopi pada System Tray. Untuk mengaktifkan dan mematikan, kamu cukup double klik pada icon tersebut.

Double klik kemudian cangkir kopi akan penuh, itu tandanya Caffeine sedang aktif dan laptop tidak akan mengalami sleep otomatis.
Cara Agar Laptop Tidak Sleep Otomatis

Double klik lagi maka cangkir kopi akan kosong, itu tandanya Caffeine sudah tidak aktif dan laptop dapat sleep secara otomatis.
Cara Agar Laptop Tidak Sleep Otomatis

Jika kamu klik kanan, maka akan terdapat pilihan pengaturan lain yang lebih spesifik, yaitu pilihan mau diaktifkan seberapa lama dan mau dinonaktifkan seberapa lama.
Cara Agar Laptop Tidak Sleep Otomatis

Namun, umumnya kamu tidak perlu melakukan hal itu, cukup dengan double klik saja icon untuk mengaktifkan dan mematikan Caffeine, itu lebih praktis.

Keterangan: Supaya dapat berjalan dengan baik, Caffeine membutuhkan Microsoft Visual C++2008 Feature Pack yang dapat kamu download di sini.

Caffeine adalah sebuah aplikasi portable, dan mempunyai manfaat yang besar apabila aplikasi tersebut kamu jalankan di Windows startup. Jadi kapan saja kamu mau mengaktifkan atau mematikan Caffeine, kamu tinggal melihat System Tray Windows dan double klik icon kopi tersebut. Namun sayangnya aplikasi Caffeine tidak dilengkapi dengan adanya opsi berjalan secara otomatis ketika Windows Startup. Jika kamu ingin menjalankannya saat Windows startup, kamu bisa mebaca tutorial tentang: Cara Membuat Aplikasi Berjalan Otomatis saat Startup.

Demikian tutorial yang dapat kami bagikan tentang cara agar laptop tidak sleep otomatis. Semoga tutorial yang kami tulis dalam blog sistem operasi komputer ini bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar