Skip to main content

Cara Mematikan Update Windows 10 untuk Menghemat Kuota

Cara Mematikan Update Windows 10 untuk Menghemat Kuota - Baik kamu suka atau tidak, Windows 10 akan terupdate secara otomatis saat ada update baru yang dirilis. Di Windows 10, kini Microsoft tidak lagi memperlakukan Windows 10 sebagai software seperti yang ada pada versi Windows-windows yang sebelumnya, tetapi memperlakukannya sebagai alias Windows-as-a-service. Maksudnya Windows 10 secara otomatis akan mendownload serta menginstall update kapan saja, sesering yang diinginkan Microsoft. Pada Windows 10 Pro ke atas, sebenarnya ada fitur untuk Pause Update, namun fitur tersebut hanya berfungsi untuk menunda update sampai maksimal 35 hari. Sesudah itu, Windows 10 harus diupdate terlebih dulu sebelum dapat di pause kembali.

Walaupun update secara otomatis adalah pilihan terbaik bagi banyak pengguna, namun pastinya tidak semua orang suka dengan hal tersebut. Misalkan bagi kamu yang sehari-harinya menggunakan koneksi internet berkuota, pastinya tidak menginginkan kalau kuota internet kamu ludes karena digunakan untuk update Windows 10 secara otomatis. Nah pada pembahasan kali ini kami akan membantu kamu memperoleh kontrol penuh, dengan memberikan cara untuk mematikan update windows 10.

Dalam mematikan update Windows 10 terdapat 2 langkah yang dapat kamu lakukan, namun cara ini defaultnya hanya dapat kamu nikmati apabila Windows 10 yang kamu gunakan adalah versi Pro ke atas.

Cara Mematikan Update Windows 10 untuk Menghemat Kuota

Langkah yang pertama yaitu mematikan Windows update Windows 10 lewat Local Group Policy Editor. Cara yang perlu kamu lakukan yaitu ketik gpedit.msc pada kotak search Windows 10, kemudian tekan Enter.

Setelah Local Group Policy Editor terbuka, kamu browse ke Computer Configuration\Administrative Templates\Windows Components\Windows Update

Di bagian Configure Automatic Update, kamu double klik, untuk membukanya.
Cara Mematikan Update Windows 10 untuk Menghemat Kuota

Di bagian konfigurasi sebelah kiri atas, pilih Enabled. Kemudian pada bagian konfigurasi sebelah bawah, terdapat beberapa pilihan yang dapat kamu pilih. Pilihlah no 2 — notify for download and notify for install.
Cara Mematikan Update Windows 10 untuk Menghemat Kuota

Apa maksudnya? Maksudnya yaitu Windows 10 tidak akan lagi melakukan download secara otomatis, namun hanya akan memberikan sebuah notifikasi untuk download dan install, saat tersedianya update windows. Apabila sudah tekan Apply dan OK.

Namun langkah pertama itu hanya untuk mencegah download secara otomatis path rutin dan minor update saja. Dan untuk mencegah download otomatis update mayor, kita lanjut pada langkah yang ke dua.

Langkah kedua yaitu mengubah setting koneksi internet yang kamu gunakan sekarang ini menjadi Metered connection. Cara yang perlu kamu lakukan yaitu dengan membuka Settings -> Network & Internet -> Change connection properties -> dan di bagian Metered Connection, kamu ubah posisi pilihan ke On.
Cara Mematikan Update Windows 10 untuk Menghemat Kuota

Dengan cara seperti itu maka Windows 10 tidak akan mendownload file update mayor secara background, dan dengan dikombinasikan langkah yang pertama yang mencegah download otomatis update minor, maka dua langkah tersebut benar-benar akan menghemat kuota internet yang kamu gunakan.
Cara Mematikan Update Windows 10 untuk Menghemat Kuota

Namun perlu diingat bahwa kami tidak merekomendasikan kamu menggunakan Windows 10 yang tidak terupdate. Jadi sebisa mungkin, apabila sudah update yang dirilis, kamu dapat mencari WiFi untuk melakukan update windows.

Itu dia Cara Mematikan Update Windows 10 untuk Menghemat Kuota. Semoga tutorial-tutorial yang kami bagikan dalam blog sistem operasi komputer ini dapat bermanfaat bagi kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Sistem Operasi Komputer di smartphone tanpa install, buka Sistem Operasi Komputer dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Sistem Operasi Komputer dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar