--> Skip to main content

Cara Membuat System Restore Point Windows 10 Otomatis Setiap Hari

Cara membuat system restore point windows 10 otomatis setiap hari - System restore adalah salah satu fitur yang telah ada cukup lama dalam ekosistem windows, di mana kamu bisa mengembalikan sistem waktu tertentu dengan cara menggunakan restore point yang sebelumnya telah dibuat.

Sebaiknya dalam membuat restore point dilakukan pada saat sistem dalam keadaan fresh. Misalnya setelah melakukan install ulang. Karena dengan cara membuat restore point, sistem akan menyimpan seluruh settingan seperti registry, sistem files dan driver. Jadi apabila nantinya windows 10 mengalami sebuah masalah, bisa diselesaikan dengan melakukan rollback ke restore point tersebut.

Sudah tahukah kamu, selain bisa membuat restore point secara manual, kamu juga dapat membuat restore point secara otomatis setiap hari. Tips ini dengan memanfaatkan Windows Defender, di mana biasanya melakukan scan setiap hari terhadap sistem. Dengan memanfaatkan Group Policy Editor, maka kamu bisa membuat restore point setiap hari secara otomatis pada saat Windows Defender menjalankan proses scanning.

Cara Membuat System Restore Point Windows 10 Otomatis Setiap Hari

  1. Bukalah Windows Run (Win + R), setelah itu ketik gpedit.msc untuk dapat membuka Group Policy Editor.
    Cara Membuat System Restore Point Windows 10
  2. Selanjutnya navigasi ke Computer Configuration –> Administrative Templates –> Windows Components –> Windows Defender Antivirus –> Scan.
  3. Di bagian panel kanan, kamu klik 2x pada pilihan Create a system restore point.
    Cara Membuat System Restore Point Windows 10
  4. Ubah konfigurasinya menjadi Enable. Apabila sudah, kamu klik OK agar pengaturan tersimpan.
    Cara Membuat System Restore Point Windows 10
  5. Tutuplah jendela Group Policy Editor.
  6. Lakukan Reboot ulang Windows.

Pada saat proses restart telah selesai, maka pengaturan akan menjadi aktif dan restore point akan terbuat begitu saat Windows Defender melakukan proses scan. Tutorial ini tentunya sangat berguna bagi kamu yang menggunakan Windows Defender sebagai anti virus utama di komputer.

Baca juga tutorial tentang: Cara Menghapus Restore Point di Windows 10.

Itulah tutorial tentang cara membuat system restore point windows 10 otomatis setiap hari. Semoga tutorial yang sudah kami tulis dalam blog sistem operasi komputer di atas dapat bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar