--> Skip to main content

Apa Yang Dibutuhkan Dalam Membuat Website

Dulu untuk mencari informasi atau suatu produk kita mencarinya pada sebuah koran, buku, majalah, dan media cetak yang lain. Namun, berkat perkembangan teknologi yang pesat kini kita bisa mencari informasi dengan mudah dan cepat. Untuk mencari informasi kini bisa dengan mengakses internet melakukan searching di mesin pencari seperti google, yahoo, atau bing. Melalui pencarian tersebut maka kita akan menemukan sebuah website yang berisi informasi yang kita cari. Misalnya kita sedang mencari informasi produk digital bisa saja kita menemukannya di website Lapak Satria yang menjual berbagai produk digital.

Apa Yang Dibutuhkan Dalam Membuat Website

Definisi Website

Website atau yang disebut web merupakan sekumpulan dari halaman yang terdapat dalam suatu domain berisikan tentang bermacam-macam informasi, baik itu yang bersifat dinamis maupun statis, bisa dalam bentuk teks, suara, gambar, juga video. Informasi yang terdapat pada sebuah website tersebut bisa diakses para pengguna internet dengan cara mengetikkan url atau alamat website pada sebuah web browser atau bisa juga dengan menelusurinya lewat mesin pencari (search engine).

Yang Dibutuhkan Dalam Membuat Website

Berbicara tentang website, mungkin banyak diantara anda ada yang bertanya-tanya tentang apa yang dibutuhkan dalam membuat website? Sebenarnya hal yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website itu simple. Adapun yang dibutuhkan diantaranya yaitu komputer atau laptop, koneksi internet, domain, hosting, dan konten. Nah, berikut ini adalah penjelasannya dari beberapa hal tersebut.

1. Komputer atau laptop

Merupakan seperangkat alat elektronika yang dapat membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah, cepat dan tepat. Komputer dapat digunakan untuk mengolah data menjadi suatu informasi. Selain itu komputer juga sebagai alat informasi dan komunikasi yang dapat mengolah data kemudian menyimpannya.

2. Internet

Apa Itu Internet? Internet merupakan singkagtan dari "Inter-Network" yaitu sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan komputer-komputer lain yang saling terhubung dengan mengunakan kabel maupun tanpa kabel. Internet ini menyediakan akses dalam hal layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi bagi jutaan usernya yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

3. Domain

Apa itu domain? Domain dikenal dengan istilah url atau alamat website yang biasanya diakhiri ekstensi (.com, .net, .co.id, .me, dan lain-lain) yang diketikkan pada address bar browser untuk membuka website. Contoh domain adalah lapaksatria.com. Domain merupakan nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server pada jaringan internet. Domain dapat memudahkan pengguna internet ketika mengakses ke server dan juga sebagai mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus tahu deretan angka rumit yang disebut IP address.

4. Hosting

Apa yang dimaksud hosting? Hosting adalah layanan penyewaan yang digunakan untuk menyimpan semua file dan data website sehingga website bisa diakses oleh banyak orang melalui jaringan internet. File dan data website tersebut dapat berupa file-file html, css, script, php, cgi script, database, gambar, video dan file lain yang diperlukan untuk menampilkan halaman web.

5. Konten

Konten merupakan isi yang ditampilkan pada sebuah website. Konten ini dapat berupa teks, gambar, video yang dapat diakses oleh pengunjung website melalui jaringan internet.

Apabila diibaratkan website itu ibarat bangunan, sedangkan domain ibarat alamat bangunan tersebut, dan hosting ibarat tanahnya yang digunakan untuk menampung isi atau data termasuk konten website.

Itulah beberapa hal yang dibutuhkan dalam membuat website. Semoga penjelasan yang kami sampaikan melalui postingan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Buka Komentar
Tutup Komentar