--> Skip to main content

Manfaat Rehabilitasi Sosial - ashefagriyapusaka.co.id

Di lansir dari situs Times Indonesia, tentang Ashefa Griya Pusaka jadi solusi terpercaya dalam rehabilitasi narkoba menerangkan bahwa program rehabilitasi narkoba merupakan suatu bentuk upaya yang dapat dilakukan untuk penyembuhan atau pemulihan pecandu narkoba atau korban penyalahguna agar dapat lepas dari ketergantungan narkoba. Menurut keterangan di ashefagriyapusaka.co.id dalam program rehabilitasi narkoba itu ada 2 macam program yang dijalankan yaitu rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial. Nah, apa itu rehabilitasi sosial dan apa manfaat rehabilitasi sosial bagi pecandu narkoba simak penjelasan selengkapnya di sini.

Tentang Rehabilitasi Sosial

Rehabilitasi sosial yaitu suatu program yang dilakukan untuk pemulihan bagi para korban penyalahguna atau pecandu narkoba supaya dapat kembali pulih menjalankan kehidupan sosialnya secara lebih baik, baik itu dalam hal pergaulan, komunikasi maupun bentuk interaksi sosial yang lainnya. Jadi, pada intinya rehabilitasi sosial adalah serangkaian program yang diberikan untuk pasien pecandu narkoba dengan maksud refungsionalisasi fungsi sosial pasien pecandu narkoba. Dilakukannya rehabilitasi sosial yaitu karena pada dasarnya pengguna narkoba itu fungsi sosialnya telah mengalami penurunan. Agar fungsi sosial pecandu narkoba dapat kembali pulih maka diharuskan untuk menjalani program rehabilitasi sosial.

Rehabilitasi sosial yang dimaksud adalah pemberian layanan bimbingan konseling untuk para korban penyalahguna atau pasien yang kecanduan narkoba. Rehabilitasi sosial umumnya dilakukan di pusat rehabilitasi narkoba. Sebagai contoh di pusat rehabilitasi narkoba Ashefa Griya Pusaka, program rehabilitasi sosial saat menjalani rehabilitasi di sana adalah berupa bimbingan dari psikiater, kegiatan spiritual, malam hangat bersama keluarga, outing, dan berbagai macam kegiatan rekreasi lainnya.

Apa manfaat rehabilitasi sosial?

Rehabilitasi sosial sangat bermanfaat agar pecandu narkoba bisa pulih kembali dari masalah gangguan kesehatan mental yang dialaminya. Hal ini sangat membantu pecandu narkoba dalam mengembalikan fungsi sosialnya di masyarakat. Mengembalikan motivasi dan harapan hidup pecandu narkoba sehingga dapat menjalani hidup yang lebih berkualitas. Selain itu juga agar pecandu narkoba dapat menjalani kehidupan sosialnya secara lebih baik, misalnya dalam pergaulan, berkomunikasi maupun bentuk interaksi sosial yang lainnya.

Hal yang paling menantang bagi mantan pecandu narkoba yaitu lingkungan masyarakat. Dukungan dari keluarga, kerabat, teman sangatlah penting. Oleh karena itu edukasi yang tepat pada masyarakat dan pecandu narkoba dapat memaksimalkan tercapatinya tujuan bisa pulih dari program rehabilitasi yang dijalaninya. Menyelamatkan pecandu narkoba merupakan tanggung jawab bersama bagi semua lapisan masyarakat, sehingga hal ini dapat memutuskan rantai penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat dan keluarga.

Tanpa menjalani program rehabilitasi sosial, seorang pecandu narkoba atau korban penyalahguna tidak akan dapat belajar berkomunikasi dengan orang lain secara efektif. Sehingga, akan bisa membahayakan ketenangannya setelah terbebas dari program rehabilitasi narkoba. Cara yang tepat untuk rehabilitasi sosial yaitu ikut serta berpartisipasi dalam terapi kelompok, dimana pecandu narkoba berinteraksi atau berbicara dengan orang lain dan belajar agar bisa mengkomunikasikan perasaannya.

Biar bagimanapun kondisi korban penyalahguna atau pecandu narkoba tetap memerlukan program rehabilitasi sosial. Hal itu karena, pecandu narkoba biasanya mengalami gangguan secara mental dan juga otak akibat terpengaruh dari zat narkoba yang pernah digunakannya. Sehingga, perlu menjalani program rehabilitasi setelah proses tindakan medis untuk mengobati kecanduan yang dialaminya. Setelah program rehabilitasi selesai dijalani, mantan pecandu narkoba tidak dilepas ditengah masyarakat begitu saja. Mantan pecandu narkoba akan tetap mendapatkan pengawasan dan dukungan dari tenaga medis yang dulu pernah merawat pada saat di pusat rehabilitasi narkoba.

Itulah penjelasan tentang manfaat rehabilitasi sosial bagi pecandu narkoba semoga informasi yang dapat kami tuliskan melalui artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Buka Komentar
Tutup Komentar