--> Skip to main content

Perbedaan Unlimited Hosting Dan Cloud Hosting

Umumnya penyedia hosting menampilkan berbagai jenis hosting yang ditawarkannya dihalaman websitenya. Selain itu, terkadang juga terdapat promo seperti Unlimited Hosting Murah atau cloud hosting murah. Tentunya, saat melihat ada promo anda akan tertarik untuk membeli hosting tersebut. Namun, sebelum membelinya pastikan anda tahu dulu perbedaan unlimited hosting dan cloud hosting. Maka dari itulah, pada kesempatan ini kami akan memberikan penjelasan tentang perbedaan diantaran keduanya.

Perbedaan Unlimited Hosting Dan Cloud Hosting

Perbedaan Unlimited Hosting Dan Cloud Hosting

Ada banyak perbedaan antara unlimited hosting dan cloud hosting yang perlu anda ketahui. Dengan mengetahui perbedaannya, maka akan berdampak pada pilihan yang tepat dan sesuai dengan yang anda butuhkan. Adapun beberapa perbedaan dari unlimited hosting dan cloud hosting adalah sebagai berikut:

1. Perbedaan dari definisi dari kedua hosting

Antara unlimited hosting dan cloud hosting mempunyai definisi yang berbeda. Unlimited hosting adalah salah satu layanan shared hosting. Shared hosting sendiri adalah jenis layanan hosting dimana servernya dibagi-bagi dengan berbagai pemilik website lain. Sedangkan, cloud hosting merupakan hosting yang mempunyai lebih dari satu server untuk satu website.

2. Perbedaan dari Performa yang diberikan

Perbedaan antara unlimited hosting dengan cloud hosting selanjutnya yaitu dari segi performanya. Performa sebuah server sebenarnya tergantung pada penyedia hosting, dan spesifikasi komputer yang digunakan untuk menjalankan server.

Untuk unlimited hosting, performa website bisa menurun jika website lain dalam satu server menarik seluruh kinerja server. Sehingga, hal tersebut dapat mengakibatkan kestabilan website yang menggunakan unlimited hosting bergantung kepada yang lain. Sementara, cloud hosting dari segi performa lebih stabil karena menggunakan beberapa server. Selain itu, website dengan menggunakan cloud hosting dapat menampung trafik yang tinggi. Jadi, pemilik website tidak perlu khawatir jika ada banyak pengunjung yang mengakses website. Dengan demikian, maka dapat dikatakan bahwa dari segi performa cloud hosting jauh lebih unggul.

3. Perbedaan dari Segi keamanan

Dari segi keamanan, kedua jenis hosting tersebut mempunyai perbedaan yang tidak terlalu signifikan. Umumnya, penyedia hosting memberikan tingkat keamanan yang serupa baik untuk unlimited hosting maupun cloud hosting. Tetapi, hal ini tidak dapat menjamin website 100% bebas dari peretas.

Meski penyedianya hosting sudah menjamin keamanan, namun untuk unlimited hosting karena bersifat shared, maka pemilik website yang menggunakan jenis hosting tersebut juga perlu berhati-hati dan sebaiknya menambahkan proteksi yang lebih banyak sehingga bisa lebih aman. Sementara untuk cloud hosting, pemilik website bisa mempunyai kendali lebih untuk menambahkan proteksi server agar bisa lebih aman.

4. Perbedaan dalam hal Skalabilitas

Server pada dasarnya bisa diupgrade sesuai dengan permintaan dari pelanggan. Adanya perbedaan antara unlimited hosting dengan cloud hosting dalam hal upgrade, adalah tentang bagaimana hasil dari upgrade tersebut. Meskipun sekarang ini ada banyak penyedia hosting yang memberikan upgrade server secara signifikan, namun hasil upgrade yang diberikan pada unlimited hosting tidak terlalu besar, karena pada akhirnya server tersebut terbagi. Tentunya hal ini berbeda dengan cloud hosting, dimana hasil upgrade dapat dirasakan sepenuhnya oleh satu pemilik website.

5. Perbedaan dari segi harga yang ditawarkan

Selain sistem dan spesifikasi, harga juga menjadi perbedaan unlimited hosting dan cloud hosting yang signifikan. Unlimited hosting umumnya memeberikan penawaran harga yang lebih murah karena seluruh website patungan untuk membayar server. Sementara, untuk cloud hosting harganya cenderung lebih mahal daripada unlimited hosting karena dijalankan oleh satu website dengan mengandalkan beberapa server skaligus, sehingga pemilik website itu sendiri yang membayaranya.

Itulah beberapa perbedaan unlimited hosting dan cloud hosting yang perlu anda ketahui sebelum memembelinya. Unlimited hosting merupakan jenis hosting yang cocok digunakan untuk website-website kecil seperti blog. Sementara, cloud hosting idealnya digunakan untuk website yang sudah besar. Misalnya untuk website e-commerce di Indonesia bisa menggunakan Cloud hosting Indonesia. Sekian apa yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasi yang telah kami tulis di sini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar