--> Skip to main content

Apa Itu User Experience Dan Apa Fungsinya

Saat ini ada banyak produk digital yang menawarkan fitur, fungsi yang mirip. Namun, apa yang menyebabkan pengguna memilih salah satu dari produk tersebut? Jawabannya yaitu karena user experience ketika menggunakan produk tersebut. Dalam hal ini user experience menjadi salah satu aspek terpenting dalam sebuah produk digital entah itu pada website, software komputer, aplikasi smartphone atau yang lainnya. Lalu Apa itu User Experience? Nah, bagi kamu yang belum tahu maka pada pembahasan ini akan kami jelaskan tentang seperti apa itu user experience dan manfaatnya.

Apa Itu User Experience

Apa Itu User Experience

User Experience adalah bagaimana perasaan atau pengalaman pengguna dalam menggunakan atau berinteraksi dengan produk digital. Perasaan atau pengalaman tersebut dapat terlihat dari kenyamanan pengguna ketika menggunakan produk digital dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Dengan demikian, maka pengguna bisa mudah mendapatkan apa yang mereka inginkan dari produk tersebut.

Dapat dikatakan, bahwa User Experience dari suatu produk yang bagus itu tidak menyulitkan penggunanya dalam mencapai tujuan mereka menggunakan suatu produk tersebut. Misalnya sebuah website yang mempunyai User Experience yang baik adalah website yang user-friendly, ringan dan mudah diakses, menunya tidak berbelit-belit dan lain-lain yang intinya memberikan kemudahan kepada pengguna. Begitu pula sebaliknya, apabila User Experience buruk, maka dapat membuat pengguna menjadi frustasi karena mengalami kesulitan dalam mendapatkan apa yang diinginkannya. Jika sudah demikian, maka akan memberikan efek buruk terhadap produk tersebut.

Fungsi User Experience

Terdapat beragam fungsi dari User Experience yang perlu kamu ketahui. Adapun beberapa fungsi User Experience adalah sebagai berikut ini:

1. Memberikan kemudahan kepada para pengguna

Fungsi pertama dari user experience yaitu dapat memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam menggunakan suatu aplikasi, karena di dalamnya telah terdapat penilaian dalam aspek usability. Saat ini, hampir semua aplikasi telah terdapat aspek tersebut suapaya pengguna bisa lebih mudah untuk menggunakannya.

2. Membuat para pengguna menjadi lebih tertarik

Fungsi user experience selanjunya yaitu untuk menarik minat para pengguna supaya mau menggunakan aplikasi secara terus-menerus. Jadi, aplikasi yang tidak user experience, akan cepat ditinggalkan oleh penggunanya karena tidak memiliki daya tarik.

3. Memperluas Kesuksesan

Seperti yang telah banyak diketahui, bahwa pengguna akan cepat bosan dan tidak akan menggunakan aplikasi lagi apabila dalam penggunaannya tidak mendapatkan pengalaman penggunaan yang menarik. Begitu pula sebaliknya jika dapat memberikan pengalaman yang menarik maka akan terus menggunakannya. Seperti halnya aplikasi WhatsApp, dari waktu ke waktu jumlah penggunanya terus semakin meningkat karena dalam penggunaannya, penggunanya mendapatkan pengalaman yang sangat menarik. Jadi sebuah aplikasi yang menerapkan user experience akan mendapatkan kesuksesan dengan banyaknya jumlah pengguna.

4. Membangun User Interface yang bagus

Perlu untuk diketahui bahwa UI (User Interface) adalah hasil dari penerapan User Experience. Jika dalam sebuah aplikasi penerapan User Experience sangat diutamakan, maka nantinya desain UI akan menghasilkan desain yang terkesan elegan dan lebih menarik.

5. Memenangkan dalam sebuah persaingan bisnis

Fungsi penerapan user experience pada sebuah produk digital adalah untuk memenangkan dalam sebuah persaingan bisnis. Seperti yang telah diketahui, bahwa dari waktu ke waktu akan semakin beragam variasi produk digital yang hadir. Nah, supaya bisa memenangkan dalam persaingan produk digital, maka produk digital harus bisa memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang apa itu user experience dan apa fungsinya. Semoga apa yang kami tulis di sini dapat bermanfaat bagi kamu.

Buka Komentar
Tutup Komentar