--> Skip to main content

Makanan Yang Meningkatkan Imun Tubuh

Meningkatkan sistem imun tubuh merupakan hal yang penting agar tubuh selalu dalam keadaan sehat. Apalagi ketika pandemi sedang melanda. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi makanan. Adapun macam-macam makanan yang meningkatkan imun tubuh diantaranya yaitu:

Makanan Yang Meningkatkan Imun Tubuh

Buah-buahan dan sayur-sayuran

Sayuran dan buah-buahan sangat penting dijadikan sebagai bagian dari pola makan sehari-hari. Hal tersebut karena keduanya dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan gizi serta mempunyai berbagai manfaat. Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber antioksidan yang penting dalam mencegah atau memperlambat terjadinya kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu, keduanya juga kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

Sebagai contoh buah dan sayur yang kaya vitamin C seperti kiwi, sitrus, brokoli, bayam, dan paprika telah dikenal baik untuk imun tubuh. Selain itu blackberry, alpukat, dan bayam juga merupakan sumber zink dan mineral yang bisa membantu kelangsungan sel sistem imun tubuh.

Kacang dan biji-bijian

Kacang dan biji-bijian bisa dijadikan sebagai cemilan yang sehat untuk membantu meningkatkan imun tubuh. Keduanya mempunyai banyak kandungan nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan gizi harian. Contohnya kacang almond yang mempunyai kandungan vitamin B dan Vitamin E yang bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik untuk meningkatkan imunitas. Kemudian kacang walnut atau kacang kenari yang mengandung asam lemak omega-3 bermanfaat untuk antiperadangan dan vitamin B6 untuk meningkatkan imun tubuh. Sedangkan untuk biji-bijian seperti biji labu dan biji bunga matahari mengandung vitamin B, vitamin E dan mineral seperti magnesium, tembaga, zink, dan zat besi.

Daging dan makanan laut

Daging dan makanan laut tidak hanya menjadi sumber energi saja, tetapi juga terdapat kandungan vitamin B6, zat besi, tembaga dan seng. Semua kandungan tersebut memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu beberapa makanan laut yang memiliki kandungan vitamin B bisa membantu tubuh mengatasi peradangan dan juga membantu dalam meningkatkan perkembangan sel darah putih dan sel darah merah.

Roti dan sereal

Roti dan sereal bisa menjadi pilihan makanan yang kaya dengan kandungan vitamin B. Selain mendunkung untuk meningkatkan imun tubuh, roti dan sereal juga kaya akan serat yang baik untuk tubuh. Bagi yang memiliki masalah kelebihan berat badan, makanan kaya serat juga bisa membantu dalam menurunkan Indeks Massa Tubuh.

Itulah beberapa makanan yang meningkatkan imun tubuh, semoga dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar