--> Skip to main content

Mengenal Tentang Command Center Beserta Benefitnya

Dalam sebuah perusahaan atau industri, masalah atau kesulitan bisa datang dari berbagai arah. Maka dari itulah sebuah industri atau perusahaan tentu akan sangat membutuhkan suatu sistem yang mampu membantu dalam mengatasi berbagai kesulitan ataupun masalah yang datang, termasuk kesulitan yang melebihi perkiraan perusahaan atau industri. Solusi yang bisa digunakan dalam mengatasi masalah tersebut, salah satunya bisa dengan menggunakan command center. Untuk dapat membangun sebuah command center yang baik maka bisa melakukan kerja sama dengan pihak yang berkompeten dalam bidang tersebut seperti Massen Daten Informatika. Membahas tentang pentingnya command center untuk perusahaan, lalu seperti apa itu command center? Nah, bagi teman-teman yang belum tahu kali ini akan kami berikan penjelasan untuk mengenal tentang command center beserta benefitnya. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut.

Command Center

Apa Itu Command Center?

Command center secara umum bisa diartikan sebagai suatu lokasi yang menyediakan suatu alat dan teknologi yang dapat digunakan untuk memberikan suatu perintah, mengkoordinasi, dan mengambil sebuah keputusan dengan cepat dalam menanggapi peristiwa yang penting. Command center jika dilihat dari sisi perusahaan adalah sebuah fasilitas yang sangat diperlukan perusahaan untuk menjalankan Business Continuity Management atau Crisis Management.

Command center merupakan sebuah lokasi yang lengkap dengan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan, dimana seorang pengambil keputusan atau direktur secara bersama-sama dengan tim melakukan suatu rapat untuk mengambil keputusan, memantau, mengelola dan mengendalikan seluruh tindakan yang dibutuhkan untuk menghadapi terjadinya krisis yang sedang dihadapi oleh perusahaan termasuk diantaranya adalah keadaan darurat. Tindakan-tindakan yang dibutuhkan diantaranya yaitu tindakan tanggap, tindakan perbaikan dan pemulihan, langkah pengadaan dan penyediaan informasi untuk publik.

Melihat begitu pentingnya fungsi dari command center sekarang ini, maka tidak heran jika banyak dari pemerintah daerah, baik itu tingkat kabupaten maupun kota sudah membangun command center untuk mendukung kegiatan operasional pemerintah dan juga untuk lebih meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Selain itu ada juga yang menjadikan command center sebagai salah satu ikon smart city pada daerah tertentu.

Benefit dari Command Center

Sekarang ini command center telah berevolusi menjadi antar muka digital atau yang dikenal dengan IT command center. Dimana command center ini menyediakan aksesbilitas secara terpusat, kontrol atas suatu proses organisasi, pemantauan, dan proses tujuan suatu bisnis tertentu. Hadirnya command center ini dapat membantu organisasi atau perusahaan dalam mempertahankan kendali dari jarak jauh atas proses dari bisnis secara menyeluruh. Dengan demikian maka dengan command center ini dapat memastikan bahwa proses bisnis bisa berfungsi seperti apa yang telah dirancang dan tidak membiarkan masalah atau kesalahan bisa terus berkembang hingga jauh diluar proporsi.

Untuk setiap command center umumnya merupakan hubungan secara terpusat dengan 3 kegiatan umum yaitu:

  • Komunikasi masuk (input).
  • Laporan situasi (proses).
  • Keputusan perintah atau laporan kemajuan relative terahadap suatu sasaran yang telah ditetapkan (output).

Command center ini menawarkan control secara terpadu atas sumber yang terintegrasi sehingga bisa membantu dalam memenuhi tujuan umum atau tujuan konsistennya.

Berdasarkan dari penjelasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa command center merupakan sebuah sistem komando secara terpusat yang bisa dipakai oleh suatu perusahaan dalam mengolah dan mengontrol sesuai apa yang menjadi keinginannya. Selain itu ini juga bisa menjadi suatu kesempatan supaya dalam bekerja perusahaan bisa lebih produktif dan efisien.

Kutipan sumber https://cv-MDI.com

Itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan untuk mengenal tentang command center beserta benefitnya. Semoga apa yang telah kami tulis di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar