--> Skip to main content

Manfaat Teknologi Informasi Di Bidang Kesehatan

Seiring dengan berjalannya waktu, Perkembangan Teknologi telah berkembang pesat dan semakin maju. Tak bisa dipungkiri bahwa teknologi sangat membantu dalam kehidupan kita sehari-hari termasuk juga dalam bidang kesehatan. Ada berbagai manfaat dan kemudahan yang diberikan oleh teknologi di bidang kesehatan. Lalu, apa sajakah manfaat itu? Selengkapnya silahkan simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Teknologi Informasi Di Bidang Kesehatan

Manfaat Teknologi di Bidang Kesehatan

1. Memberikan Kemudahan Bagi Pasien

Hadirnya teknologi informasi dapat memberikan kemudahan bagi pasien terutama untuk mengakses informasi dan pelayanan kesehatan. Hanya dengan menggunakan smartphone atau komputer yang terkoneksi dengan internet, pasien bisa mengakses berbagai informasi kesehatan. Selain itu, layanan kesehatan secara online yang tersedia juga bisa memudahkan pasien dalam mengakses pelayanan kesehatan. Berkat kecanggihan teknologi informasi tersebut pasien sekarang bisa mengakses informasi kesehatan, memeperoleh layanan konsultasi, hingga menebus resep obat secara online. Tentu hal tersebut bisa lebih hemat waktu dan tenaga.

2. Memperpendek Waktu Tunggu Pasien

Hadirnya teknologi informasi, kini pasien tidak perlu menunggu hingga berjam-jam untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Pasien bisa membuat janji secara online untuk melakukan konsultasi, bahkan konsultasi pun bisa dilakukan secara online.

3. Memudahkan Dokter maupun Tenaga Medis Lainnya dalam Menolong Pasien

Adanya perkembangan Teknologi Informasi dalam bidang kesehatan tentu dapat membantu memudahkan dokter maupun tenaga medis yang lain dalam menjangkau pasien. Hanya dengan smartphone dan koneksi internet, dokter maupun tenaga medis lain bisa menolong pasien tanpa bertatap muka secara langsung. Dengan demikian dokter bisa mempunyai waktu dan tempat yang lebih fleksibel dalam menolong para pasiennya.

4. Memudahkan Penyimpanan dan Perawatan Data

Selain dapat memberikan kemudahan bagi pasien dan tenaga medis, teknologi juga bisa memberikan kemudahan bagi penyedia layanan kesehatan. Dengan hadirnya teknologi, pihak penyedia layanan kesehatan bisa lebih mudah dalam menyimpan dan merawat data-data penting seperti data pasien, data rekam medis maupun data penting yang lainnya. Dengan kecanggihan teknologi informasi, data tersebut bisa diakses dan disimpan kembali dengan mudah.

5. Alur Kerja Menjadi Lebih Sederhana

Berbeda dengan pelayanan langsung di rumah sakit secara tatap muka, adanya pelayanan secara online tentu dapat membuat alur kerja menjadi lebih sederhana. Pasien bisa membuat janji secara online kemudian melakukan konsultasi sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Sementara cara lama atau secara langsung, pasien harus mendaftar dulu ke pelayanan kesehatan kemudian mengambil nomor antrian. Barulah pasien mengantri lama untuk bisa berkonsultasi dengan dokter. Tentu cara lama tersebut lebih memakan waktu dan tenaga. Berkat kecanggihan teknologi maka permasalahan pada cara lama bisa mendapatkan solusi yang baik.

6. Sarana Untuk Pemasaran

Teknologi bisa menjadi sarana pemasaran untuk layanan kesehatan. Dengan teknologi yang ada saat ini, pelayanan kesehatan bisa melakukan pemasangan iklan maupun membuat website untuk menyampaikan informasi tentang layanan kesehatannya. Dengan demikian maka penyedia layanan kesehatan bisa menjangkau pasien secara lebih luas.

7. Monitoring Secara Online

Adanya perkembangan teknologi juga dapat memungkinkan dokter atau tenaga medis lain melakukan monitoring terhadap kondisi pasiennya secara online. Pasien yang kondisinya hampir pulih bisa tetap dimonitoring dokter maupun tenaga medis yang lain secara online.

Itulah beberapa manfaat teknologi informasi di bidang kesehatan, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar