--> Skip to main content

Miniatur Rumah Honai, Souvenir yang Kaya Akan Nilai Budaya

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki banyak budaya, termasuk rumah adat. Jika diteliti, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki rumah adat masing-masing. Arsitektur rumah adat setiap daerah berbeda-beda. Hal ini karena makna yang diusung oleh setiap daerah juga berbeda-beda. Di samping itu, kondisi geografis juga menjadi penentunya.

Salah satu rumah adat yang memiliki keunikan adalah rumah honai. Bangunan rumah adat ini menjadi salah satu budaya khas daerah Papua. Jika menilik arsitekturnya, rumah adat honai cenderung sederhana. Bahan-bahan yang digunakan untuk membangunnya pun cukup mudah ditemukan karena berasal dari pepohonan yang ada di wilayah Papua.

Meski arsitekturnya sederhana, ternyata rumah honai terdiri dari dua lantai. Lantai pertama biasanya dimanfaatkan oleh Suku Dani, suku yang membangun rumah adat ini, sebagai tempat penyimpanan makanan atau kandang hewan. Sementara itu, lantai dua difungsikan sebagai tempat tinggal. Tak heran jika rumah adat ini sering dijadikan inspirasi untuk membuat souvenir.

Miniatur Rumah Honai sebagai Souvenir

Rumah honai menginspirasi hadirnya miniatur rumah adat. Biasanya, miniatur rumah honai dimanfaatkan untuk cendera mata perusahaan. Artinya, perusahaan memberikan souvenir miniatur tersebut kepada relasi dalam suatu momen. Misalnya saja, miniatur diberikan kepada relasi dalam acara kunjungan bisnis, perayaan hari jadi, hingga kerja sama bisnis.

Tidak sekadar menjadi pelengkap acara, miniatur rumah honai pun sering dimanfaatkan sebagai kenang-kenangan. Secara sengaja perusahaan memberikannya kepada relasi agar momen terasa memorable. Di sisi lain, pemberian miniatur juga bertujuan untuk dijadikan sebagai hadiah penghargaan hingga pengungkapan rasa terima kasih secara simbolik kepada relasi.

Bukan tanpa alasan, souvenir miniatur rumah honai dipilih sebagai cendera mata yang diberikan kepada relasi. Hal ini karena jenis miniatur ini tampak begitu elegan karena umumnya terbuat dari bahan dasar logam kuningan yang dipoles dengan warna emas. Di sisi lain, miniatur ini sarat akan nilai budaya sehingga mengandung pesan mendalam bagi relasi yang menerimanya.

Dengan desain yang unik dan inovatif, perusahaan pun tampak lebih percaya diri ketika memberikan miniatur rumah honai kepada relasi. Sebaliknya, relasi pun akan dengan senang hati sekaligus berkesan menerima miniatur sebagai souvenir. Hal ini tentu akan memperkuat hubungan bisnis yang sudah terjalin antara perusahaan dan relasi sehingga mendatangkan kerja sama yang baik.

Perusahaan pun dapat membuat miniatur rumah adat ini secara custom supaya bisa menyesuaikan karakteristik yang hendak ditonjolkan. Di samping itu, perusahaan dapat menyisipkan pesan mendalam yang penuh makna di dalam miniatur yang dibuat. Identitas perusahaan, dapat berupa nama dan logo, bisa ditambahkan pada miniatur yang hendak diberikan kepada relasi.

Untuk itulah, penting bagi perusahaan untuk merancang desain miniatur secara custom. Kemudian, konsultasikan kebutuhan miniatur untuk souvenir kepada ahlinya.

Buka Komentar
Tutup Komentar