--> Skip to main content

Jenis-jenis Burung Parkit Rosella

Burung parkit rosella merupakan burung parkit yang berasal dari Negara Australlia dan termasuk dalam genus Platycercus. Rosella sendiri merupakaan nama yang diambil dari Rose de la Touche yaitu nama seorang wanita Prancis. Jenis parkit rosella ini mempunyai warna-warana yang cerah dan terlihat sangat menarik sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan bagi para pecinta Parkit Indonesia.

Jenis-jenis Burung Parkit Rosella

Jenis-Jenis Parkit Rosella

Terdapat 6 spesies burung parkit rosella, adapun diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Parkit rosella barat (Platycercus icterotis)

Parkit rosella barat mempunyai warna dasar merah dengan pola hitam dan kuning di bagian sayap dan kepala serta mempunyai bulu ekor yang berwarna hijau. Sebutan untuk jenis parkit ini yaitu parkit hijau atau parkit Stanley. Habitat asli burung parkit rosella barat di daerah barat Australia yaitu di Western Australia dan South Australia.

2. Parkit rosella timur (Platycercus eximius)

Burung Parkit rosella timur mempunyai warna dasar merah, terdapat pola hitam dan kuning di bagian sayap dan kepalanya. Burung parkit ini dikenal dengan sebutan parkit crimson atau parkit merah. Habitat asli parkit rosella timur ini berada di daerah timur Australia seperti Tasmania, Victoria, dan New South Wales.

3. Parkit rosella utara (Platycercus venustus)

Jenis parkit rosella utara dikenal dengan parkit kuning atau lemon dimana burung ini mempunyai warna dasar kuning dengan pola hitam pada bagian sayap dan kepalanya. Habitat asli burung rosella utara ini berada di daerah utara Australia seperti Northern Territory dan Queensland.

4. Parkit rosella merah (Platycercus elegans)

Parkit rosella merah dikenal dengan parkit elegan atau parkit biru. Jenis burung parkit ini mempunyai warna merah dengan memiliki pola biru dan hitam pada bagian sayap dan kepalanya, serta bulu ekornya berwarna biru. Habitat asli burung ini beraa di selatan Australia, seperti South Australia, Victoria, dan Tasmania.

5. Parkit rosella hijau (Platycercus caledonicus)

Jenis Parkit rosella hijau ini mempunyai warna dasar hijau dengan memiliki pola hitam pada bagian sayap dan kepalanya serta memiliki bulu ekor yang berwarna kuning. Sebutan lain untuk jenis parkit ini adalah parkit Tasmania. Habitat asli jenis parkit ini berada di selatan Australia seperti di Tasmania dan juga pulau-ulau sekitarnya.

6. Parkit rosella kepala pucat (Platycercus adscitus)

Jenis parkit rosella kepala pucat mempunyai warna dasar hijau dengan pola hitam dan biru pada bagian sayap dan kepala serta memiliki bulu ekor yang berwarna kuning. Sebutan lain untuk jenis parkit ini adalah parkit Mealy atau parkit pucat. Untuk habitat aslinya, burung ini hidup ddi daerah timur laut Australia seperti New South Wales dan Queensland.

Jenis Parkit Rosella Hasil Dari Persilangan

Selain jenis-jenis yang telah disebutkan diatas, terdapat juga jenis Parkit rosella dari hasil persilangan dengan spesies atau sub spesies yang lain. Adapun beberapa diantaranya yaitu:

1. Parkit rosella lutino

Merupakan hasil dari mutasi genetik dari parkit rosella barat atau timur, sehingga dapat menghasilkan parkit yang berwarna putih atau kuning.

2. Parkit rosella rubino

Parkit jenis ini merupakan hasil dari persilangan antara parkit rosella merah dengan parkit lutino sehingga menghasilkan parkit berwarna putih atau kuning.

3. Parkit rosella opaline

Merupakan hasil mutasi genetic dari parkit rosella timur atau barat, sehingga apat menghasilkan parkit yang berawanra orange dan merah.

Itulah penjelasan tentang jenis-jenis burung parkit rosella, semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar