--> Skip to main content

Perbedaan Percetakan Offset Dan Digital Printing

Dalam dunia percetakan, teknik percetakan offset dan digital printing merupakan teknik yang banyak digunakan seperti yang digunakan pada salah satu perusahaan percetakan bandung. Kedua teknik percetakan tersebut digunakan sesuai kebutuhan baik itu dari segi kualitas cetaknya maupun biaya yang dikeluarkan.

Perbedaan Percetakan Offset Dan Digital Printing

Kedua teknik printing tersebut sering bersinggungan, lalu apa perbedaan antara percetakan offset dengan digital printing? Nah, bagi kamu yang belum tahu silahkan simak perbedaannya dalam artikel yang kami tulis kali ini.

Perbedaan Percetakan Offset Dan Digital Printing

Adapun beberapa perbedaan dari kedua teknik percetakan atau printing yang sering digunakan tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Metode yang digunakan

Kedua jenis teknik printing tersebut mempunyai metode yang tidak sama. Offset printing merupakan metode cetak datar dengan menggunakan plat yang telah dicetak menyerupai gambar atau dokumen, sebelum akhirnya dicetak pada sebuah media seperti kertas atau yang lainnya.

Lain halnya dengan digital printing yang menggunakan metode cetak digital. Dapat dikatakan bahwa digital printing ini merupakan proses cetak yang lebih modern karena menggunakan bantuan teknologi komputer yang bertugas mengirimkan desain pada sebuah mesin cetak. Dapat pula dikatakan bahwa digital printing merupakan pengembangan dari teknik offset printing yang sebelumnya sudah ada terlebih dahulu.

2. Proses cetaknya

Pada percetakan offset atau offset printing, desain yang telah dipersiapkan akan diproses secara manual, bukan diproses secara digital. Desain akan dibakar pada sebuah plat alumunium dengan menggunakan tinta basah. Kemudian plat alumunium yang sudah diisi dengan desain cetak akan ditransferkan ke plat offset yang berupa ruber blanket (lapisan karet).

Lapisan karet tersebut kemudian akan digulirkan ke media cetak yang diinginkan misalnya ke sebuah kertas. Alur cetak dari tinta akan menuju lapisan karet selanjutnya akan ke media cetak ini disebut sebagai offset printing.

3. Hasil cetakan

Hasil cetak menggunakan teknik offset printing berbeda dengan digital printing. Cetak menggunakan teknik offset printing dapat memberikan bentuk semacam lapisan karet, hal itu karena memang proses cetaknya dilakukan melalui rubber blanker atau yang dikenal lapisan karet.

Lain halnya dengan digital printing yang yang hasilnya terlihat seperti cetakan printer pada umumnya, akan tampak pula titik-titik pixelnya. Dalam digital printing tidak memakai plat atau lapisan karet akan tetapi menggunakan printer laser (toner) atau printer injet (tinta cair).

4. Dari Segi Harga

Harga cetak dari percetakan menggunakan offset printing dengan digital printing jelas berbeda. Harga cetak offset printing lebih tinggi dibanding digital printing jika mencetak dalam jumlah sedikit. Hal itu karena ada kebutuhan mencetak plat terlebih dahulu. Akan tetapi jika mencetak dalam jumlah yang banyak maka harga cetak offset printing jauh lebih murah jika dibanding digital printing. Jadi jika kamu ingin mencetak dalam jumlah sedikit pilih yang digital printing, tetapi jika mencetak dalam jumlah yang banyak sebaiknya memilih offset printing.

Itulah penjelasan tentang Perbedaan Percetakan Offset Dan Digital Printing, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar