--> Skip to main content

Cara Menginstal Driver Secara Manual

Cara Menginstal Driver Secara Manual - Driver adalah sebuah komponen yang amat penting disemua versi windows. Tanpa adanya driver, maka semua perangkat hardware tidak akan dapat sinkron dengan sistem operasi komputer.
Cara Menginstal Driver Secara Manual

Biasanya dalam menginstall driver dapat memperolehnya dari sius vendor secara langsung atau bisa melalui Windows Update, walaupun tak semua driver tersedia di Windows Update. Untuk itulah kalian dapat mematikan opsi update driver agar lebih hemat kuota internet kalian.

Pada tutorial yang akan kami bagikan ini, kami akan berbagi tutorial tentang cara menginstal driver secara manual. Cara seperti ini dapat kalian pakai untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi dalam menginstal driver.

Menginstal Driver Secara Manual

Langkah pertama bukalah Device Manager, kemudian pilih device yang akan kalian update. Contohnya, dalam tutorial ini kami akan melakukan update driver camera bawaan dari laptop. Klik kanan pilih Update Drive Software.
Cara Menginstal Driver Secara Manual

Setelah itu akan muncul pilihan dengan cara apa untuk melakukan update driver. Apabila memilih pilihan yang pertama maka kalian akan download serta menginstall driver secara online, namun yang akan kita bahas adalah cara yang manual, maka pilihlah pilihan yang kedua yaitu dengan memilih Browse my computer for driver software.
Cara Menginstal Driver Secara Manual

Langkah berikutnya yaitu kalian dapat mencari menurut lokasi dari folder tersebut atau kalian dapat memilih pilihan Let me pick a list of device drivers on my computer agar dapat mencari driver yang build-in dengan Windows yang kompatibel dengan perangkat.
Cara Menginstal Driver Secara Manual

Untuk proses berikutnya, pastikan pilihan Show compatible devie telah tercentang. Melalui cara seperti itu akan tampil pilihan driver yang build-in  dengan Windows, dengan ditandai digitaly signedI, itu maksudnya driver tersebut original serta tidak menimbulkan sebuah mmasalah pada perangkat. Apabila sudah klik saja Next.
Cara Menginstal Driver Secara Manual

Tunggulah beberapa waktu sampai proses instalasi driver selesai. Apabila telah selesai aka kalian dapat menutup jendela wizard dan juga device manager.
Cara Menginstal Driver Secara Manual

Itulah tutorial yang dapat kami bagikan tentang Cara Menginstal Driver Secara Manual, semoga bisa membantu kalian.
Buka Komentar
Tutup Komentar