--> Skip to main content

Cara Buka File Foto DNG

Cara buka file foto DNG - Saat ini jenis file RAW memang banyak. Dari yang proprietary hingga yang lebih universal misalnya DNG. Dikarenakan DNG ini sifatnya lebih universal, maka DNG ini banyak dipakai untuk format kamera pada perangkat modern, bahkan pada kamera smartphone high-end misalnya pada Lumia 980.
Cara buka file foto DNG

Apabila kalian memakai Lumia 930, kalian tentunya juga sudah terbiasa dengan format DNG ini. Karena format ini dapat dibilang format mentahyang belum sama sekali mengalami proses. Format ini bisa menampung informmasi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan JPG.

Ada banyak sekali keuntungan yang kalian dapat apabila menggunakan format DNG daripada format JPG. Keuntungannya yaitu file masih mentah banyak menyimpan informasi, lebih universal serta mendukung banyak perangkat, kompatibel dengan software Adobe.Tetapi pada saat kita buka file DNG lewat PC, terkadang masih ada Windows yang belum dapat membbuka format DNG, baik file yang dari kamera smartphone seperti Lumia 930 maupun kamera profesional. Untuk itu berikut inilah saya akan memberikan solusinya.

Solusinya agar Windows kalian dapat membaca file DNG yaitu dengan memasang codec format DNG di Windows. Tujuan memasang codec formmat DNG yaitu supaya windows dapat mmembukanya dengan program apapun, tanpa perlu memakai program khusus.

File DNG codec dapat kalian unduh dari situs adobe ini -> DNG Codec for Windows. Kemudian untuk DNG Converter, kalian dapat mengunduh installernya di sini -> Adobe DNG Converter. Semua dapat kalian download secara gratis. Bagi yang menggunakan komputer Mac, format DNG secara otomatis sudah dapat dibuka tanpa harus menginstall Codec apapun.

Baca juga artikel tentang: Cara Mengembalikan Windows Photo Viewer Windows 10

Demikian tutorial yang dapat kami berikan tentang Cara buka file foto DNG, semoga bermanfaat untuk kalian.
Buka Komentar
Tutup Komentar