--> Skip to main content

Cara Melindungi Flashdisk dengan Password

Cara Melindungi Flashdisk dengan Password - Diantara kalian tentunya sudah banyak yang mempunyai flashdisk. Flashdisk merupakan benda kecil yang dapat dibawa kemana mana berfungsi utnuk menyimpan data, menerima data atau digunakan untuk mengirim data. Pastinya kalian sering menyimpan data-data penting di dalam flashdisk, ya kan?. Flashdisk bersifat portable yang dapat berpindah dari satu tangan ke tangan lain. Maka tidak heran kalau data yang ada di flashdisk kalian dapat dilihat atau digunakan untuk kepentingan orang yang membawa flashdisk kalian.

Pastinya kalian tidak mau kan kalau data kalian diambil dan digunakan tanpa sepengetahuan kalian. Maka dari itulah kali ini kami akan berbagi tips untuk kalian tentang cara mengamankan flashdisk dengan password. Dengan begitu maka yang dapat membuka serta mengakses data yang ada di flashdisk tersebut hanya kalian saja. Berikut ini adalah cara memberi password flashdisk.

1. Langkah pertama, silahkan buka flashdisk kemudian tambahkan folder baru namai sesuai yang kalian inginkan. Pindahkan data-data yang ada di flashdisk ke dalam folder yang tadi kalian buat. Pada tutorial kali ini kami membuat folder dengan nama Test.
Cara Melindungi Flashdisk dengan Password

2. Apabila sudah, bukalah Command Prompt. Lalu ketikkan drive letter flashdisk kalian kemudian tekanlah enter. Sesudah itu, ketiklah attrib Test +s +h. Ubah Test sesuai nama folder kalian.
Cara Melindungi Flashdisk dengan Password

3. Bukalah notepad, kemudian ketik kode seperti yang ada di gambar berikut ini. Di bagian baris ke-dua (set pass), ubah password sesuai yang anda mau. Kemudian di baris akhir (start), isilah dengan nama folder yang sudah kalian buat.
Cara Melindungi Flashdisk dengan Password

4. Selanjutnya simpan pada flashdisk dengan tipe file .bat jika sudah cobalah buka file tersebut. Maka sekarang data kalian telah terlindungi dengan file yang tadi kalian buat.

Sampai disini belum selesai. Lalu bagaimankah kalau seseorang mengetahui password kalian dengan cara klik kanan lalu edit?. Inilah permasalahan yang harus kita selesaikan. Oke sekarang mari kita selesaikan.

5. Kalian download saja aplikasi konverter dari .bat ke .exe dalam praktek ini kami memakai aplikasi yang bernama Advanced Bat to Exe Converter yang dapat kalian download di sini. Perlu diketahui kalian harus berhati-hati ketika download aplikasi converter tersebut. Sebab bisa saja antivirus yang terdapat di komputer kalian mendeteksinya sebagai virus. Jadi, kalian tentukan sendiri aplikasi yang menurut kalian aman untuk komputer kalian.

6. Sesudah download, bukalah aplikasi tersebut kemudian buka file .bat. kalian juga dapt copy kode yang terdapat di dalam notepad.
Cara Melindungi Flashdisk dengan Password

7. Pilihlah compile, maka selanjutnya akan muncul dialog box baru kemudian pilih Build Exe.
Cara Melindungi Flashdisk dengan Password

8. Maka sekarang di flashdisk kalian akan ada file .exe hapuslah file .bat yang ada di flashdisk. Dengan cara seperti itu maka password kalian tidak dapat diintip orang lain dengan cara klik kanan edit.
Cara Melindungi Flashdisk dengan Password

Cukup mudah kan Cara Melindungi Flashdisk dengan Password, sekang data kalian akan lebih aman. Semoga tutorial tentang ilmu komputer terutama tentang flashdisk tersebut dapat memberikan manfaat untuk kalian. Simak juga artikel tentang: Cara Mengembalikan File yang Hilang di Flashdisk karena Terhapus.
Buka Komentar
Tutup Komentar