--> Skip to main content

Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan Mudah

Cara membuat Hotspot di laptop dengan mudah - Laptop Windows dapat anda jadikan sebagai hotspot. Untuk membuat hotspot di laptop tidaklah terlalu sulit. Dalam melakukan hal itu yang terpenting ialah laptop anda harus terhubung dengan internet, kemudian anda jadikan sebagai hotspot supaya perangkat lain (tablet, smartphone, komputer laptop) dapat terhubung. Bagi anda yang ingin tahu bagaiman caranya, maka di sini kami akan berbagi tentang cara mudah membuat hotspot di laptop/ komputer Windows. Langsung saja berikut ini adalah beberapa cara mudah membuat hotspot di komputer/ laptop  yang dapat anda coba.

Cara Membuat Hotspot di Laptop dengan Mudah Menggunakan Bantuan Software

Cara pertama yang dpat anda coba untuk membuat hotspot di laptop yaitu dengan bantuan software pihak ketiga. Terdapat beberapa pilihan software yang bisa anda laukan untuk membuat hotspot di laptop dengan mudah, diantaranya yaitu Virtual Router Manager dan mHotspot.

Dalam contoh ini kami menggunakan mHotspot. Jadi untuk memulainya terlebih dahulu silahkan download mHotspot.

Jika sudah, install mHotspot dan jalankan. Ketika proses instalasi pastikan kalau anda jeli dengan menghilangkan tanda centang instalasi bloatware.
cara membuat hotspot di laptop dengan mudah

Sekarang anda tinggal masukan saja beberapa pengaturan seperti nama hotspot, password hotspot, sumber internet yang akan anda bagikan melalui hotspot, dan batasan jumlah perangkat yang dapat tersambung. Apabila sudah, maka langsung tekan Start Hotspot.
cara membuat hotspot di laptop dengan mudah

Apabila hotspot telah berhasil dibuat, maka statusnya berubah menjadi ON. Sekarang hotspot di laptop tersebut sudah siap untuk digunakan.
cara membuat hotspot di laptop dengan mudah

Cara ini dapat anda pakai untuk berbagai internet kabel maupun wireless dari laptop Windows dan cara tersebut bisa anda gunakan sebagai cara termudah di berbagai versi Widnows.

Keterangan: Selain menggunakan mHotspot, anda juga dapat menggunakan software hotspot laptop yang lain yakni Virtual Router Manager yang dapat anda download:

Apabila ternyata anda kurang suka cara membuat wifi di laptop dengan bantuan software pihak ke tiga, maka anda dapat menggunakan cara yang manual berikut ini.

Cara Mudah Membuat Hotspot di Laptop Tanpa Menggunakan Bantuan Software

Cara lain yang dapat anda terapkan yaitu cara membuat hotspot di laptop tanpa bantuan software pihak ketiga. Jadi cara ini dengan memanfaatkan fitur bawaan Windows. Tentunya cara yang digunakan bervariasi tergantung dari versi Windows yang digunakan.

Cara Membuat Hotspot di Windows 10
Cara membuat hotspot di laptop windows 10 cukup mudah. Hal tersebut dikarenakan Microsoft telah menyediakan fitur untuk sharing koneksi internet. Caranya anda tinggal membuka Settings -> Network & Internet -> Mobile Hotspot -> kemudian ubahlah menjadi On.
cara membuat hotspot di laptop dengan mudah

Anda dapat mengubah detail nama Wifi serta password Wifi dengan cara klik Edit dan mengubah isinya sesuai yang anda mau.
cara membuat hotspot di laptop dengan mudah

Sekarang hotspot di laptop Windows 10 anda telah siap anda gunakan untuk menghubungkan perangkat lain ke internet. Cara tersebut dapat anda pakai utnuk membuat hotspot di laptop yang tersambung ke intenet kabel ataupun ke wireless.
cara membuat hotspot di laptop dengan mudah

Apabila telah selesai menggunakannya, maka anda dapat mematikannya dengan cara mengubah toogle On tersebut ke Off.
cara membuat hotspot di laptop dengan mudah

Keterangan: Apabila cara tersebut tidak bisa anda lakukan (beberapa pengguna Windows 10 tidak menemukan opsi Mobile Hotspot pada laptopnya), silahkan pakai saja cara yang menggunakan software pihak ketiga.

Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 7
Apabila laptop anda terhubung menggunakan internet kabel, maka anda dapat membuat hotspot dengna menggunakan fitur Ad hoc yang tersedia di Windows 7. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu buka Start Menu kemudian ketik ad hoc. Setelah itu pilihlah Set up an ad hoc (computer-to-computer) network.
cara membuat hotspot di laptop dengan mudah

Sesudah itu klik Next ikutilah Wizardnya.
cara membuat hotspot di laptop dengan mudah

Kemudian masukan detail network (hotspot) yang akan anda gunakan. Anda dapat mencentang Save this network supaya pengaturan tersebut tersimpan, sehingga kedepannya anda tidak perlu mengatur dari awal lagi. Sesudah itu klik Next.
cara membuat hotspot di laptop dengan mudah

Sesudah itu klik Turn on Internet connection sharing supaya perangkat yang lain yang terhubung dapat menggunakan koneksi internet.
cara membuat hotspot di laptop dengan mudah

Keterangan: Apabila anda menemukan masalah koneksi ketika menggunakan Security Type WPA2-Personal, maka anda dapat merubahnya ke WEP atau No authentication (Open) atau cukup dengan menggunakan cara yang menggunakan software .

Sesudah itu anda tinggal menghubungkan saja perangkat yang lainnya (smartphone, tablet, laptop, dan lain-lain) ke hotspot network yang telah anda buat tadi. Di sinilah anda dapat menghubungkan ke perangkat apa saja, tidak harus sama-sama Windows. Kami telah mengujinya pada macOS dan juga Linux dan ternyata hasilnya bisa digunakan utnuk internetan.
cara membuat hotspot di laptop dengan mudah

Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 8.1
Tampilan GUI untuk ad hoc di Windows 8.1 sudah tidak ditemukan. Jadi untuk untuk lebih mudahnya anda dapat menggunakan bantuan software pihak ketiga. Namun apabila anda memang tidak suka mengguunakan software, maka dis ini anda bisa mengaktifkan secara manual fitur ad hoc dengan menggunakan CMD. Cara mengaktifkannya cukup dengan buka CMD as Admin, kemudian jalankan command:

netsh wlan show drivers
cara membuat hotspot di laptop dengan mudah

Anda pastikan kalau hasil dari Hosted network supported: Yes. Apabila hasilnya Yes, maka lanjut ke langkah berikutnya dengan menjalankan command:

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NamaHotspotAnda key=PasswordAnda
cara membuat hotspot di laptop dengan mudah

Keterangan: Ubah NamaHostpotAnda dengan nama hotspot yang anda inginkan, dan PasswordAnda dengan password Hotspot yang anda mau.

Apabila sudah jalankan command:

netsh wlan start hostednetwork
cara membuat hotspot di laptop dengan mudah

Sekarang anda tinggal membuka Control Panel -> Network and Sharing Center -> klik Change adapter settings.

Klik kanan Wi-Fi adapter -> pilih Properties

Buka tab Sharing -> Anda pastikan kalau allow other network users to connect through this computer’s internet connection sudah tercentang. Kemudian klik OK.

Sekarang hotspot tersebut telah siap untuk anda gunakan.

Itulah cara mudah membuat hotspot di komputer/ laptop. Semoga tutorial tentang cara membuat hotspot di laptop dengan mudah yang kami sampaikan dalam blog sistem operasi komputer ini memberikan manfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar