Cara Mengaktifkan Bash Linux di Windows 10

Cara mengaktifkan bash linux di windows 10 - Sejak era Anniversary Update di dalam Windows 10 telah ditanamkan bash Linux milik ubuntu. Hal tersebut terus berlanjut hingga kini di Windows 10 Creators Update. Untuk itulah bagi kamu yang belum tahu bagaimana caranya untuk mengaktifkan bash linux di Windows, maka di sini kami akan menjelaskan caranya. Secara default Bash Linux (Windows Subsystem for Linux = WSL) ini non-aktif. Jika anda ingin mengaaktifkan Bash Linux pada Windows 10, maka inilah cara yang bisa anda lakukan.

Cara Mengaktifkan Bash Linux di Windows 10

- Silahkan anda aktifkan Windows Subsystem for Linux. Caranya pada fitur pencarian Windows, cari Turn Windows Features on or off, dan buka.

Jika sudah centang Windows Subsystem for Linux (Beta).

Kemudian restart Windows jika muncul permintaan restart.

- Mengaktifkan Developer Mode. Setelah melakukan restart pada langkah pertama, kemudian dilanjutkan dengan mengaktifkan Developer Mode melalui Settings -> Update & security -> For developers -> pilih Developer mode.

- Menginstall Bash Ubuntu melalui CMD. Langkah yang terakhir, bukalah CMD as Administrator. Caranya ketik CMD pada fitur pencarian Windows, kemudian klik kanan Command Prompt, pilihlah Run as Administrator.

Ketiklah Bash kemudian Enter.

Apabila muncul konfirmasi, tekan saja y.

Secara otomatis maka windows akan mendownload serta menginstall Bash. Tunggulah sampai proses selesai.

Pada akhir proses anda akan dimintai untuk memasukkan username beserta password Unix anda. Silahkan masukkan username dan password yang anda inginkan.

- Sekarang Bash Linux telah siap untuk anda gunakan. Anda dapat menjalankan command bash seperti pada  Terminal Ubuntu Linux.

Untuk kedepannya setiap kali anda mau masuk ke mode Bash, anda tinggal mengetik command bash pada pada Command Prompt (CMD) dan untuk kembali ke dalam mode normal atau supaya keluar dari bas tingkal ketik saja exit.

Seperti itulah cara mengaktifkan bash linux di windows 10 yang bisa anda coba. Semoga tutorial yang kami berikan di blog sistem operasi komputer ini bisa menambah pengetahuan anda.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru