--> Skip to main content

Perbedaan Windows 10 Enterprise dan Pro - Pilih Windows 10 Enterprise atau Pro?

Perbedaan Windows 10 Enterprise dan Pro - Di kalangan pengguna Windows, mungkin masih ada kesalahpahaman yang menganggap bahwa Windows 10 merupakan Windows yang termahal dengan fitur yang terlengkap dan terbaik diantara semua versi Windows 10. Karena itulah tidak jarang akhirnya pengguna rumahan seperti pelajar atau mahasiswa lebih memilih menggunakan Windows 10 Enterprise karena dianggap sebagai tingkatan tertinggi dari semua versi Windows 10. Padahal hal itu sesungguhnya tidaklah sepenuhnya benar.
Perbedaan Windows 10 Enterprise dan Pro - Pilih mana Windows 10 Pro atau Enterprise?

Perbedaan Windows 10 Enterprise dan Pro

Windows 10 Enterprise sebenarnya dibuat dengan target utamanya adalah untuk kalangan bisnis menengah hingga besar. Jadi fitur yang terdapat pada Windows 10 Enterprise disesuaikan dengan keperluan bisnis dan enterprise, bukan keperluan rumahan. Semua fitur yang ada di Windows 10 Pro memang ada di Windows 10 Enterprise, namun apabila kamu adalah pengguna rumahan, maka fitur ekstra yang ada di windows 10 Enterprise tidak akan banyak berguna dalam aktivitas sehari-hari kamu.

Sebagai contoh fitur DirectAcces yang dapat memungkinkan remote users untuk mengakses internal network lewat sistem seperti VPN yang memungkinkan akses dua arah secara instan saat tersambung dengan internet. Ataupun fitur AppLocker yang dapat memungkinkan adminstrator membatasi akses untuk aplikasi tertentu pada perangkat lain. Atau juga fitur BranchCache yang melakukan penyimpanan cache konten dari web dan server sehingga dapat diakses secara cepat di WAN yang berkecepatan rendah. Fitur-fitur seperti itu sangat dibutuhkan bagi kalangan enterprise, tapi tidak akan begitu berguna bagi kalangan pengguna rumahan yang menggunakan komputernya untuk keperluannya sehari-hari.

Faktanya, Windows 10 Enterprise bagi pengguna rumahan, banyak fitur-fitur enterprise yang tidak digunakan hanya akan menjadi bloat atau hanya membebani dan memenuhi resource komputer saja.
Pertimbangan yang lain yaitu perlakuan dari Microsoft terhadap Windows 10 Enterprise berbeda dengan versi Windows 10 yang ditujukan untuk konsumer misalnya seperti Windows 10 Pro. Seperti yang telah diketahui bahwa kini Windows 10 diupdate dalam rentan waktu yang lebih sering, hingga dalam setahun 2 update mayor. Apabila kamu adalah seorang kalangan konsumer, maka menggunakan Windows 10 Enterprise akan membuat kamu menjadi telat memperoleh update mayor dan berbagai fitur baru tersebut. Hal itu karena update baru akan dirilis ke Enterprise setelah memang benar-benar matang dan siap dipakai di kelas bisnis, yang pastinya perilisannya waktunya lebih lama dibanding update mayor untuk kalangan konsumer. Hal itu tentunya beda dengan Windows 10 Pro yang akan memperoleh update mayor dan fitur baru sesuai dengan yang dijadwalkan perilisan update untuk konsumer.

Rincian lengkapnya perbedaan antara Windows 10 Enterprise dengan Windows 10 Pro dapat kamu lihat pada tabel berikut ini:


Fitur
Windows 10 Pro
Enterprise E3
Enterprise E5
Windows Ink
Ada
Ada
Ada
Start Menu dan Live Tiles
Ada
Ada
Ada
Tablet Mode
Ada
Ada
Ada
Voice, pen, touch, dan gesture
Ada
Ada
Ada
Cortana
Ada
Ada
Ada
Microsoft Edge
Ada
Ada
Ada
Paint 3D
Ada
Ada
Ada
Mobile Device Management (MDM)
Ada
Ada
Ada
Azure Active Directory Join
Ada
Ada
Ada
Domain Join
Ada
Ada
Ada
Mobile Application Management (MAM)
Ada
Ada
Ada
Shared PC mode
Ada
Ada
Ada
Windows Store for Business
Ada
Ada
Ada
Managed User Experience
Ada
Ada
Ada
Windows Hello Management
Ada
Ada
Ada
Kiosk Mode
Ada
Ada
Ada
Manage Windows Store Access

Ada
Ada
Manage Consumer Experience

Ada
Ada
Cortana Management

Ada
Ada
Microsoft Dynamic Management

Ada
Ada
App Locker

Ada
Ada
Microsoft Application Virtualization (App-V)

Ada
Ada
Micrsoft User Environment Virtualization (UE-V)

Ada
Ada
Conditional Access
Ada
Ada
Ada
Windows Hello
Ada
Ada
Ada
BitLocker dan BitLocker to Go
Ada
Ada
Ada
Windows Information Protection
Ada
Ada
Ada
Direct Access

Ada
Ada
Device Guard

Ada
Ada
Credential Guard

Ada
Ada
Windows Defender Advanced Threat Protection


Ada
Windows Analytics
Ada
Ada
Ada
Windows Update for Business
Ada
Ada
Ada
Remote Desktop
Ada
Ada
Ada
Windows to Go

Ada
Ada
BranchCache

Ada
Ada
Microsoft Desktop Optimization Pack

Ada
Ada

Pilih Windows 10 Enterprise atau Pro?

Untuk memperoleh manfaat dan kinerja komputer yang effisien dan optimal, cara terbaik yaitu sesuaikan Windows 10 yang akan kamu gunakan dengan kebutuhan yang kamu perlukan. Jadi apabila kamu adalah seorang kalangan bisnis/ enterprise menengah ke atas dan membutuhkan sistem operasi dengan fitur dan security extra untuk enterprise maka kamu sebaiknya menggunakan Windows 10 Enterprise. Namun apabila kamu adalah seorang pengguna rumahan seperti seorang pelajar, mahasiswa atau bahkan seorang pekerja kantoran yang menggunakan komputer untuk keperluan pribadi, maka sebaiknya kamu menggunakan Windows 10 Pro atau versi Windows konsumer yang lain. Hal itu selain lebih efisien, kamu juga akan memperoleh update fitur dan update mayor bersamaan dengan jadwal perilisannya. Jadi kamu tidak perlu untuk menunggu lebih lama untuk dapat menikmati feature update Windows 10 terbaru yang sekarang dirilis 2x dalam waktu setahun.

Kesimpulannya, Windows 10 Enterprise memang mempunyai fitur yang lengkap dibanding dengan versi Widnows 10 untuk konsumer, namun paling lengkap bukan berarti menjadi yang terbaik, terlebih apabila digunakan untuk pengguna yang bukan pada tempatnya.

Demikian penjelasan yang dapat kami uraikan tentang perbedaan Windows 10 Enterprise dan Pro - Pilih Windows 10 Enterprise atau Pro? Sekarang sudah jelaskan. Semoga uraian yang kami tulis pada blog sistem operasi komputer ini bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar