--> Skip to main content

Cara Mengetahui Serial Number pada Laptop

Cara mengetahui serial number pada laptop – Semua tipe laptop, terlepas dari manufaktur di mana laptop tersebut dibuat, pastinya mempunyai yang namanya serial number. Serial number tersebut adalah nomor unik dari setiap laptop yang ada. Serial number itu tidak sama dengan seri laptop. Serial number itu lebih merujuk pada nomor yang digunakan untuk mengidentifikasi laptop, seperti halnya dengan NIK pada sebuah KTP. Serial number ini sangat penting dan berguna pada saat laptop ingin diperbaiki (biasanya pada authorized service) atau ketika mencari driver yang tepat di mana pencariannya biasanya dapat menggunakan serial number pada laptop.

Biasanya serial number laptop itu terletak pada sebuah stiker yang letaknya berada di bagian bawah laptop. Namun pada beberapa kasus tertentu, stiker yang tertempel di bagian bawah laptop tersebut sudah pudar dan serial numbernya sudah tidak bisa terbaca lagi. Untungnya ada sebuah cara mencari serial number pada laptop yang bisa dilihat tanpa melihat stiker di bagian bawah laptop. Cara ini cukup mudah dan simpel. Oke langsung saja berikut ini cara melihat serial number pada laptop.

Cara Mengetahui Serial Number pada Laptop

Untuk melakukannya kamu bisa memanfaatkan PowerShell. Silahkan kamu buka PowerShell as Administrator, lalu ketik atau copy perintah berikut ini pada PowerShell.
gwmi win32_bios | fl SerialNumber
Cara Mengetahui Serial Number pada Laptop

Tunggulah beberapa saat maka hasilnya akan langsung terlihat. Bagaimana cukup mudah kan cara mencari serial number pada laptop?. Cara ini tentunya bisa menjadi opsi alternatif yang dapat kamu gunakan selain dengan melihat stiker pada bagian bawah laptop.

Baca juga tutorial tentang: Cara Menemukan Product Key Windows.

Demikian tutorial yang dapat kami bagikan tentang cara mengetahui serial number pada laptop. Semoga apa yang sudah kami bagikan dalam blog sistem operasi komputer ini dapat bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar