Skip to main content

Cara Cek Kesehatan Hardisk Laptop

Cara cek kesehatan hardisk laptop – SSD (Solid State Drive) yang akhir-akhir ini sedang populer, kono mempunyai masa pakai yang lebih singkat dibandingkan dengan HDD. Banyak orang yang mengungkapkan pendapat kalau kemungkinan umur SSD paling lama hanya sekitar 2 sampai 3 tahun. Lain halnya dengan HDD yang dapat bertahan hingga lebih dari 5 tahun. Karena itulah, penting bagi kita untuk memeriksa kesehatan HDDD atau SSD yang kita pakai secara berkala. Bagaimanakah cara untuk menmeriksa kesehatan HDD atau SSD itu? Caranya bisa menggunakan aat Diagnostik di Windows, silahkan simak caranya sebagai berikut ini.

Cara Cek Kesehatan Hardisk Laptop

Versi apapun Windows yang kamu gunakan, pastinya terdapat alat diagnostik yang bisa kamu manfaatkan untuk memeriksa kesehatan perangkat keras storage. Cara memeriksanya cukup mudah, silahkan buka Windows Explorer, kemudian klik kanan pada HDD atau SSD yang akan kamu periksa lalu pilih Properties. Apabila sekedar ingin tahu tentang kondisi singkat HDD atau SSD yang kamu gunakan, pilih saja tab Hardware.
Cara Cek Kesehatan Hardisk Laptop

Di situ kamu akan melihat keterangan This device is working properly yang menandakan kalau perangkat kamu dalam kondisi baik-baik saja. Namun apabila kamu ingin melihat apakah terdapat error tertentu pada perangkat keras kamu, pilih saja tab Tools.
Cara Cek Kesehatan Hardisk Laptop

Dengan cara menekan tombol Check, maka kamu bisa memeriksa apakah terdapat error pada HDD atau SSD yang kamu gunakan.

Lihat juga: Cara Memperbaiki Partisi Hardisk yang Tidak Terdeteksi di Explorer.

Begitulah cara cek kesehatan hardisk laptop yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Semoga tutorial yang sudah kami bagikan dalam blog sistem operasi komputer ini bisa membantu kamu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Sistem Operasi Komputer di smartphone tanpa install, buka Sistem Operasi Komputer dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Sistem Operasi Komputer dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar