Skip to main content

Cara Mengatur Program Startup Windows 10

Cara mengatur program startup windows 10 – Sejak era Windows 98, resep manajemen startup program sudah cukup populer. Dulu untuk membatasi software yang langsung dibuka ketika komputer menyala, pengguna windows menggunakan fitur msconfig. Hal itu akan membuat PC atau laptop bisa ‘mempersiapkan diri’ lebih cepat sesudah proses booting. Di era Windows 10, Microsoft sedikit merubah cara berjalan fitur ini. Ketika startup, aplikasi yang berjalan dimasukkan ke dalam Task Manager, sehingga ketika kamu menjalankan perintah Windows + R dan mengetik msconfig, maka kamu akan disuruh untuk membuka Task Manager dan mengelola Startup dari situ.
Cara Mengatur Program Startup Windows 10

Semenjak update April 2018, Microsoft menjalankan sistem ini menjadi lebih praktis dan intuitif, yaitu dengan memasukkan daftar aplikasi yang dimulai ketika startup ke Settings. Untuk dapat mengaksesnya, kamu hanya masuk ke Settings -> Apps kemudian gulir ke bawah untuk menemukan Startup. Jadi cara setting startup program windows 10 bisa menjadi lebih mudah. Selain itu di sini kamu juga bisa menemukan daftar aplikasi apa saja yang secara otomatis dimulai ketika komputer dinyalakan (startup).
Cara Mengatur Program Startup Windows 10

Semua ini mencakup aplikasi yang menjadi background task, program yang muncul pada system tray, dan aplikasi yang menampilkan pop-up ketika kamu melakukan sebuah proses sign-in. Bahkan kamu akan memperoleh keterangan aplikasi apa saja yang termasuk high impact atau low impact ketika komputer menyala. Aplikasi yang high impact yaitu aplikasi yang mempunyai dampak yang signifikan terhadap waktu penyalaan komputer. Sedangkan aplikasi yang low impact yaitu aplikasi yang lebih cepat dan ringan dibuka ketika startup, sehingga tidak begitu berpengaruh terhadap waktu. Di situ terdapat juga fitur Sort by yang dapat memudahkan kamu, sehingga kamu dapat mengurutkan aplikasi dari high impact ke low impact. Dengan begitu kamu bisa mempertimbangkan aplikasi-aplikasi apa saja yang akan dijalankan ketika komputer dinyalakan. Sehingga membuat cara menambah program startup windows 10 menjadi lebih mudah.

Dengan adanya fitur ini, kamu dapat langsung mematikan fitur-fitur yang tidak kamu inginkan untuk langsung dimulai ketika startup, dengan begitu waktu proses booting menjadi lebih cepat. Untuk mematikan aplikasinya caranya cukup mudah yaitu dengan klik tombol toggle ke off. Tetapi kamu perlu memperhatikan perilaku dan manfaat aplikasi kamu. Misalkan dalam melakukan berbagai pekerjaan kamu bekerja dengan banyak komputer dan kamu memerlukan fitur Dropbox untuk menjaga file-file kamu agar tetap sinkron antar perangkat. Maka sebaiknya kamu jangan mematikan Dropbox. Jika kamu mematikannya, memang komputer dapat menyala lebih cepat, akan tetapi kamu akan mengalami kesulitan, sebab file kamu yang terdapat di Dropbox tidak akan langsung sinkron. Sehingga hal itu akan menambah pekerjaan kamu yaitu kamu harus mengatur Dropbox untuk melakukan sinkronisasi file.

Baca juga: Cara Mengaktifkan dan Cara Mematikan Fast Startup Windows 10

Begitulah cara mengatur program startup windows 10. Semoga tutorial yang kami tulis dalam blog sistem operasi komputer ini dapat bermanfaat.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Sistem Operasi Komputer di smartphone tanpa install, buka Sistem Operasi Komputer dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Sistem Operasi Komputer dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar