--> Skip to main content

Cara Kirim SMS Lewat PC / Laptop Menggunakan Android Messages

Cara Kirim SMS Lewat PC / Laptop - Bagi kamu para pengguna smartphone, kamu juga dapat mengirim SMS lewat PC atau Laptop menggunakan Android Messages. Aplikasi SMS Android merupakan aplikasi buatan google yang juga terdapat fitur yang bernama Messages for web. Melalui fitur tersebut, kamu dapat mengirim SMS dari berbagai device termasuk windows pada PC maupun Laptop dengan menggunakan browser.

Cara Kirim SMS Lewat PC

Cara Mengirim SMS Lewat PC/ Laptop

Pastikan kalau aplikasi SMS default yang terdapat pada android adalah Android Messages. Jika ternyata bukan, maka kamu harus download aplikasi Android Messages di play store. Kemudian setelah kamu download, aplikasi tersebut kamu jadikan sebagai aplikasi SMS default.

Apabila sudah kamu tinggal menghubungkan Messages di ponsel dengan komputer atau laptop. Caranya yaitu dnegan membuka browser di PC atau laptop. Kemudian kamu akses messages.android.com. Jika sudah dari ponsel kamu buka menu -> messages for web -> dan scan QR code yang tampil pada browser.

Sudah selesai, sekarang kamu bisa mengirim SMS secara langsung melalui PC/ laptop Windows maupun MAC.

Selain mengirim teks SMS seperti biasa, terdapat fitur lain yang menarik yaitu bisa menambahakan smiley, sticker dan attachment yang berupa foti dan video. Namun kamu jangan buru-buru mengirim foto ataupun video ke orang lain dulu. Karena terdapat beberapa hal penting lainnya yang perlu kamu ketahui.

Pertama, Experience Android Messages for Web ini seperti halnya dengan WhatsApp for web. Baik itu dari cara untuk menghubungkannya dan juga dari segit ampilannya. Bedanya kalau WhatsApp itu murni menggunakan kuota data, namun kalau aplikasi Android Messages, di Indonesia saat ini masih terhitung menggunakan biaya SMS seperti biasa.

Android Messages sebenarnya telah didesain dengan menggunakan teknologi Chat berbasis RCS, sebuah protokol yang kedepannya akan menggantikan protokol SMS yang sekarang ini. Google telah menyebutkan sebagai evolusi dari SMS, yang akan menggantikan pesan SMS klasik yang biayanya cukup mahal, menjadi pesn chat interaktif dengan menggunakan kuota data.

Hanya saja, untuk sekarang ini, saya belum berhasil menggunakan fitur chat ini untuk mengirimkan pesan. Jadi semua pesan masih terhitung sebagai SMS dan gambar yang dikirim juga masih terhitung sebagai pesan MMS.

Jadi masih butuh waktu bagi Google untuk dapat melakukan kerja sama dengan Operator yang ada di Indonesia untuk dapat mendukung fitur chat interaktif ini. Jadi untuk sementara ini hanya dapat digunakan untuk kirim SMS seperti biasa. Jangan kamu gunakan untuk kirim sticker, foto, maupun video dulu karena biayanya akan cukup mahal karena mengguankan biaya MMS.

Kabarnya telkomsel, XL, dan juga indosatsudah mendukung fitur RCS, sehingga sepertinya tidak membutuhkan waktu lama lagi bagi pengguna android yang ada di Indonesia untuk dapat menikmati fitur chat di Android Messages.

Demikian tutorial tentang cara kirim SMS lewat PC / Laptop menggunakan Android Messages. Semoga tutorial yang telah kami tulis di dalam blog sistem operasi komputer ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar