--> Skip to main content

Cara Membuat Safe Mode Windows 10 pada Boot Options

Cara membuat safe mode windows 10 – Pada saat Windows 10 milikmu sedang mengalami masalah, misal karena virus, konflik antar software, atau terjadi kesalahan pada saat melakukan konfigurasi. Maka salah satu langkah untuk menyelesaikan masalah tersebut bisa dengan masuk ke Safe Mode.

Cara Membuat Safe Mode Windows 10

Dengan cara masuk ke dalam Safe Mode, maka kamu bisa mencoba melakukan troubleshooting terhadap masalah yang sedang terjadi. Karena Safe Mode itu hanya menjalankan Windows dengan komponen yang dibutuhkan saja, tanpa menjalankan aplikasi pihak ke-3.

Terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar bisa masuk ke Safe Mode, salah satunya yaitu dengan cara menahan tombol SHIFT pada saat memilih opsi Restart. Akan tetapi apabila kamu ingin masuk Safe Mode lebih cepat, maka trik berikut ini bisa membantu kamu menambah opsi Safe Mode pada boot menu.

Cara Membuat Safe Mode di Windows 10 pada Boot Options

  1. Silahkan kamu buka Command Prompt as Administrator.
  2. Pada saat jendela Command Prompt sudah terbuka, kamu bisa memasukan perintah berikut ini. Kamu bisa mengganti tulisan yang berwarna merah dengan kata yang diinginkan.
  3. bcdedit /copy {Current} /d "Masuk ke Safe Mode"
    Cara Membuat Safe Mode Windows 10
  4. Bukalah Windows Run (Win + R), kemudian ketikan msconfig untuk membuka System Configuration.
  5. Cara Membuat Safe Mode Windows 10
  6. Setelah itu navigasi ke tab Boot, kemudian kamu akan menemukan opsi Boot yang baru saja telah dibuat. Berilah tanda centang pada Safe boot kemudian pilih Minimal, yang terakhir berilah tanda centang pada opsi Make all boot settings permanent supaya opsi Safe Mode tidak hilang. Apabila sudah silahkan klik OK agar perubahan tersimpan.
  7. Cara Membuat Safe Mode Windows 10
  8. Pada saat muncul peringatan, klik Yes.
  9. Cara Membuat Safe Mode Windows 10
  10. Yang terakhir kamu diharuskan untuk merestart supaya bisa melihat perubahan yang terjadi. Kamu bisa melakukan restart langsung ataupun nanti dengan memilih opsi Exit without restart.
  11. Cara Membuat Safe Mode Windows 10
  12. Selesai.

Dengan cara membuat safe mode pada windows 10 seperti itu, maka selanjutnya akan muncul opsi masuk ke Safe Mode ketika masuk ke Boot Options. Cara seperti ini juga bisa kamu terapkan untuk Windows 7 maupun Windows 8.x

Apabila kamu mau menghapus opsi masuk ke Safe Mode pada Boot Options, maka kamu bisa menghapusnya melalui System Configuration dan menghapus opsi Boot Safe Mode.

Cara Membuat Safe Mode Windows 10

Demikian penjelasan tentang cara membuat safe mode Windows 10 pada boot options. Semoga penjelasan dalam blog sistem operasi komputer ini bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar