--> Skip to main content

Cara Menampilkan Detik Jam Di Windows 10

Cara menampilkan detik jam di windows 10 merupakan sebuah trik yang sederhana, namun bisa menjadi sangat berguna. Jam pada bagian taskbar secara default hanya menampilkan satuan dalam bentuk jam dan menit saja. Di situ tidak ada opsi untuk menampilkan waktu hingga pada satuan detik, dinaman untuk menampilkan satuan detik kamu perlu membukanya (besreta dengan detail tanggal dalam berbentuk kalender). Namun apabila kam ingin menampilkan detik pada bagian task bar kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang saya bagikan dalam trik cara menampilkan detik di windows 10 ini.

Cara Menampilkan Detik Jam Di Windows 10

Cara menampilkan detik jam di windows 10

Karena pada bagian opsi settings tidak terdapat pengaturan untuk menampilkan detik, maka kamu perlu melakukan suatu konfigurasi manual lewat Registri Editor. Untuk memulainya silahkan kamu membuka registry editor, caranya cukup membuka Windows Run kemudian ketik regedit.

Cara Menampilkan Detik Jam Di Windows 10

Pada saat jendela registry sudah terbuka, silahkan navigasi ke path HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced. Di bagian panel kanan, silahkan klik kanan kemudian pilih New > DWORD (32-bit) setelah itu berikan nama ShowSecondsInSystemClock. Selanjutnya klik 2x pada bagian key baru tersebut kemudian set valuenya menjadi 1. Apabila sudah silahkan klik OK kemudian tutup registry editornya.

Cara Menampilkan Detik Jam Di Windows 10

Yang terakhir, lakukan logout dari Windows kemudian sign in kembali untuk melihat perubahannya. Namun apabila tidak ingin, kamu dapat melakukan restart Explorer.

Demikian penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang cara menampilkan detik jam di windows 10. Semoga apa yang telah kami jelaskan di atas dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar