--> Skip to main content

Cara Meningkatkan Kinerja Laptop Agar Tidak Lemot

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi informasi kini banyak orang dari berbagai kalangan yang sudah menggunakan laptop untuk berbagai keperluan. Misalnya menggunakan laptop untuk keperluan belajar, bermain game dan bekerja. Terlalu sering digunakan, terkadang laptop mengalami berbagai masalah. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah masalah laptop lemot. Nah, bagaimanakah cara mengatasi laptop yang lemot?

Cara Meningkatkan Kinerja Laptop Agar Tidak Lemot

Mungkin beberapa diantara anda saat mengalami masalah tersebut ada yang merasa bingung, panik bahkan marah-marah. Oleh karena itu, di sinilah kami akan berbagai cara mengatasi hal tersebut. Dengan anda mengikuti apa yang kami sampaikan di sini, maka anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah tersebut.

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Agar Tidak Lemot

Tutorial untuk mempercepat kinerja laptop saat ini merupakan kebutuhan untuk dapat mengembalikan performa laptop agar bisa kembali normal dan tidak lemot. Hal itu karena saat inilaptop menjadi salah satu alat favorit yang dapat penunjang berbagai kegiatan. Seperti apakah tutorialnya? Berikut ini tutorial cara meningkatkan kinerja laptop agar tidak lemot.

1. Menambah kapasitas RAM

Untuk mengatasi masalah laptop lemot, cara yang paling efektif adalah dengan cara menambah kapasitas RAM. Sekarang ini ada banyak selai varian RAM, mulai dari RAM 2GB, 4,GB, 8GB bahkan 16GB.

2. Virtual memory

Virtual memory dapat dimanfaatkan untuk memperoleh tambahan performa jika kekurangan kapasitas memori fisik. Walaupun efeknya tidak seperti menambahkan RAM, akan tetapi hal ini dapat anda coba. Caranya yaitu buka control panel, kemudian klik system and security. Selanjutnya pilih system dan pilih advanced system setting. Lalu masuk ke bagian tab advanced, pada bagian performance anda klik setting. Masuk ke tab advance, pada bagian virtual memory anda klik change. Hilangkan tanda centang pada bagian automatically manage paging file size for all drives. Beri tanda centang di bagaian custom size. Tentukan Initial size dan Maximum Size kemudian klik set dan klik OK.

3. Mengganti HDD dengan SSD

Mengganti HDD dengan SSD juga bisa meningkatkan performa laptop. Namun perlu diingat, mengganti itu bukan menambah kapasitas HDD. Karena menambah kapasitas HDD tidak memiliki pengaruh yang besar terhadap kecepatan laptop.

4. Defragment harddisk

Agar kerja hardisk bisa lebih efisien dan lebih teratur maka anda bisa menggunakan defragment harddisk. Caranya pada again hardisk anda klik kanan kemudian pilih properties. Setelah itu pilih defragment now, kemudian tunggu sampai selesai.

5. Membersihkan file

Penyebab laptop lemot juga dapat disebabkan oleh terlalu banyaknya file. Apalagi jika kapasitas penyimpanan di laptop sangat kecil. Anda dapat menghapus file yang tidak penting supaya kinerja laptop bisa lebih baik dan cepat. Selain itu jangan sampai lupa, recycle bin dikosongkan.

6. Menggunakan disk cleanup

Disk cleanup dapat membantu membersihkan file-file pada hardisk yang sifatnya sementara. Caranya pilih drive mana yang akan anda bersihkan dari file-file sementara kemudian klik kanan pilih properties. Setelah itu anda pilih disk cleanup

7. Hapus program yang tidak penting

Seperti halnya file, terlalu banyak progam juga dapat membuat kinerja laptop menjadi lemot. Oleh karena itu untuk mengatasinya, segera hapus program yang tidak penting tersebut supaya kinerja laptop bisa lebih cepat.

8. Menghentikan program

Laptop lemot juga dapat diatasi dengan menghentikan program-program yang sedang berjalan namun tidak terpakai. Caranya yaitu masuk ke task manager. Pilihlah program yang tidak sedang digunakan, lalu klik end.

9. Menggunakan anti virus

Virus juga dapat menyebabkan laptop lemot, oleh karena itu anda bisa menggunakan anti virus supaya laptop lebih aman dari serangan virus. Namun, sebaiknya gunakan antivirus resmi, misalnya windows defender.

10. Hibernate mode

Fungsi hibernate mode adalah untuk menyimpan memori yang pada saat itu dimatikan. Hibernate mode bisa membantu menyegarkan memori ketika digunakan untuk bekerja yang lebih berat. Caranya yaitu anda klik tombol windows dan angka 1 bersamaan. Setelah membuka system, anda klik power and sleep. Selanjutnya masuk ke additional power setting. Setelah itu masuk ke power option dan klik choose what the power buttons do dan berikan tanda centang change settings that are currently available.

Demikian penjelasan tentang cara mempercepat kinerja laptop windows 10 agar tidak lemot. Semoga penjelasan yang dapat kami tulis di atas dapat bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tulis komentar sesuai dengan topik yang ada dalam postingan ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan bisa tampil sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Sistem Operasi Komputer di smartphone tanpa install, buka Sistem Operasi Komputer dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Sistem Operasi Komputer dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar