--> Skip to main content

ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Sangat Powerful

Semenjak pertama kalinya diperkenalkan di tahun 2020, ROG Zephyrus G14 telah dinobatkan sebagai salah satu laptop gaming yang paling dimminati para gamer. Mengusung bodi yang ringkas dengan ukuran layar 14-inci, dilengkapi dengan spesifikasi yang powerful, dan mempunyai desain yang unik dengan hadirnya fitur AniMe Matrix Display yang bisa dikustomasi.

ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful

Meskipun begitu, 3 hal tersebut tidaklah menjadi alasan utama kenapa banyak orang yang suka dengan ROG Zephyrus G14. Tak hanya bagi seorang gamer, laptop gaming juga sangat diminati oleh pengguna non gamer, hal itu karena profil desainnya yang minimalis bahkan hampir tak terlihat seperti laptop gaming. Padahal komponen yang diusung oleh ROG Zephyrus G14 GA402 semua adalah hardware kelas gaming yang memang powerful.

Kali ini di tahun 2022, ROG Zephyrus G14 hadir kembali dengan berbagai peningkatan yang tidak hanya dari sisi spesifikasi hardware namun juga dari fitur yang telah diusungnya. Tidak sama seperti pendahulunya, ROG Zephyrus G14 (2022) ini dilengkapi dengan kombinasi GPU dan CPU dari AMD, yaitu AMD Radeon RX 5000 Series dan AMD Ryzen 6000 Mobile Series. Kombinasi antara keduanya mampu menghadirkan keunggulan tersendiri dalam hal optimalisasi itu karena keduanya bisa bekerja sangat baik pada OS Windows 11.

Menariknya lagi, terdapat berbagai fitur yang telah ditingkatkan pada ROG Zephyrus G14 (2022) dibandingkan dengan yang ada pada pendahulunya, mulai dari trackpad, adanya webcam, sampai sistem pendingin. Apa saja kah peningkatan yang dihadirkan pada ASUS ROG ini? Mari simak pembahasannya di sini.

Sangat Ringkas dan Terasa Nyaman Digunakan

Salah satu yang dapat membuat seri ROG Zephyrus G14 menjadi populer yaitu memiliki bentuk yang ringkas dan nyaman untuk digunakan. Ukuran layarnya yang 14-inci membuat laptop gaming ini lebih ringkas dibandingkan umumnya laptop gaming yang rata-rata mengusung layar dengan ukuran 15-inci. Selain ukuran laptopnya yang lebih ringkas secara keseluruhan, layar 14-inci juga lebih banyak diminati oleh pengguna yang mempunyai mobilitas tinggi. Itulah kenapa banyak pengguna yang non-gamer juga sangat suka dengan ROG Zephyrus G14, hal itu karena seri laptop ini menjadi salah satu seri laptop 14-inci yang sangat powerful sampai sekarang ini.

ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful

Untuk bodi yang dimiliki oleh ROG Zephyrus G14 (2022) sendiri ketebalannya tak lebih dari 2cm dengan berat 1,72Kg. Karena dimensi dan beratnya yang ringan tersebut, ROG Zephyrus G14 (2022) tergolong sangat portabel dan sangat mudah dibawa bepergian. Bahkan, Anda tidak perlu membawa tas khusus yang berukuran besar untuk membawa laptop ini. Perlu untuk ditekankan lagi bahwa ROG Zephyrus G14 (2022) merupakan laptop gaming dan spesifikasi tersebut menandakan bahwa laptop gaming mempunyai ketebalan dan berat yang tidak jauh beda dengan umumnya laptop 14-inci.

Beberapa aspek desain yang terdapat pada ROG Zephyrus G14 (2022) juga sudah ditingkatkan, salah satunya yaitu pada keyboard. ROG Zephyrus G14 (2022) memiliki keyboard dengan traveling distance 1,4mm yang didesain secara khusus supaya penggunanya bisa nyaman menggunakannya untuk berbagai aktivitas (tidak hanya gaming saja). Selain itu Keyboardnya juga dilengkapi dengan 4 tombol programmable macro yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktiitas atau menjadi tombol pintas tambahan ketika sedang bermain game.

Ngomong-ngomong tentang keyboard, ROG Zephyrus G14 (2022) juga masih mengusung adanya fitur ErgoLift dengan engsel yang bisa dibuka sampai 180 derajat untuk mempermudah Anda dalam berkolaborasi. ErgoLift juga memudahkan posisi saat mengetik sehingga terasa lebih nyaman dan bisa membantu sistem pendingin bekerja secara optimal berkat adanya rongga udara ekstra yang dihadirkan ketika laptop digunakan.

Jika dibanding dengan yang pendahulunya, ASUS memang telah merancang ROG Zephyrus G14 (2022) ini supaya terasa lebih nyaman digunakan dan hal itu tercermin secara langsung pada touchpad yang ukurannya kini lebih besar. Bahkan sampai 50% lebih luas jika dibandingkan dengan ROG Zephyrus G14 pada generasi yang sebelumnya. Touchpad tersebut juga didesain supaya sangat akurat ketika digunakan sehingga pengguna ROG Zephyrus G14 (2022) tidak harus menggunakan mouse kecuali ketika sedang bermain game.

Laptop Gaming yang Paling Stylish

Yang menjadi pembeda pada ROG Zephyrus G14 (2022) dengan laptop gaming yang lain salah satunya yaitu memiliki desain yang stylish. Tak hanya ringkas saja, ROG Zephyrus G14 (2022) juga mempunyai bentuk dengan desain yang bisa dibilang low-profile untuk sebuah laptop gaming sehingga memungkinkan sekali untuk membawa laptop gaming ini ke kantor atau digunakan pada pertemuan resmi.

Tetapi ketika fitur AniMe Matrix Display-nya dihidupkan, ROG Zephyrus G14 (2022) akan berubah secara total menjadi laptop gaming. AniMe Matrix Display adalah fitur yang berupa sederet lapmpu LED yang terdapat di bagian belakang layar ROG Zephyrus G14 (2022) yang bisa dikustomasi. AniMe Matrix Display bisa dipakai untuk menampilkan teks bahkan animasi. Selain itu gamer juga bisa memilih animasi apa yang ingin ditampilkan bahkan bisa juga memasang animasi yang dibuatnya sendiri. Hanya ada di AniMe Matrix Display, kustomasi tanpa batas untuk laptop gaming.

ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful

AniMe Matrix Display juga bisa menampilkan Omni, yakni mascot resmi dari ROG. Tak hanya sampai sini saja, bahkan gamer bisa bermain Bersama Omni di berbagai mini game yang sudah disediakan. Tentunya tampilan AniMe Matrix Display dapat menyesuaikan dengan mini game yang dimainkan.

Menemani AniMe Matrix Display, ROG Zephyrus G14 (2022) juga telah dilengkapi keyboard yang sudah mendukung fitur ROG Aura RGB. Jadi, selain dapat melakukan kustomasi pada AniMe Matrix Display, gamer juga mampu membuat laptopnya tampil secara beda dengan RGB LED keyboard yang bisa dipersonalisasi. Untuk tambahan, ROG Zephyrus G14 (2022) juga telah mendukung penggunaan ROG Aura Wallpaper yang bisa disinkronisasikan dengan ROG Aura RGB.

Layar Lebih Luas dan Dilengkapi dengan Webcam

Apabila dilihat lebih detail, ROG Zephyrus G14 (2022) mempunyai dimensi bodi yang agak berbeda dengan pendahulunya. Hal ini dikarenakan ROG Zephyrus G14 (2022) telah menggunakan layar dengan rasio 16:10, yang tidak sama dengan generasi sebelumnya yang rasio layarnya 16:9.

Rasio layar 16:10 dapat membuat pengguna ROG Zephyrus G14 (2022) bisa lebih nyaman ketika menggunakan laptop gaming untuk berbagai aktivitas karena rasio tersebut bisa menghadirkan ruang kerja (working space) yang luas. Untuk tambahan, ukuran bezel laptop gaming juga termasuk sangat tipis sehingga laptop ini terlihat seperti laptop modern yang stylish dan minimalis.

ROG Zephyrus G14 (2022) juga dilengkapi dengan sebuah webcam yang terintegrasi. Tidak hanya webcam biasa, namun sebuah webcam yang dilengkapi sesor infrared yang telah mendukung fitur facial recognition. ROG Zephyrus G14 (2022) telah mendukung fitur facial recognition login melalui Windows Hello. Itu artinya Anda tidak perlu mengetikkan password atau memindai sidik jari, karena untuk login bisa dengan mengarahkan wajah ke kamera, maka secara otomatis sistem akan mengizinkan Anda login.

ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful

Konektivitas Yang Lengkap

Lain halnya dengan pengguna mainstream yang merasa nyaman ketika menggunakan laptop dengan dongle, namun gamer tidak dapat mentoleransi hal tersebut. Selain itu merepotkan, dongle juga berpotensi dapat mengganggu ketika gamer sedang bermain game. Oleh karena itu laptop gaming wajib mempunyai konektivitas yang mumpuni supaya berbagai aksesori gaming dapat dihubungkan secara mudah.

Tidak terkecuali ROG Zephyrus G14 (2022). Laptop gaming tersebut telah dibekali dengan port yang lengkap dari USB 3.2 Gen2 Type-A untuk menghubungkan mouse maupun keyboard gaming, kemudian untuk menghubungkan laptop gaming ke monitor tambahan dilengkapi dengna HDMI 2.0b, dan untuk menghubungkan headset gaming dilengkapi dengan 3.5mm combo audio jack, hingga USB 3.2 Type-C yang dapat menghubungkan berbagai perangkat maupun aksesori modern.

Yang menarik lagi, ROG Zephyrus G14 (2022) telah dilengkapi port generasi yang terbaru yaitu USB 4.0 Type-C. Meskipun secara fisik tampak sama seperti pada umumnya port USB Type-C, port tersebut bisa memberikan kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat dibandingkan port USB lain yang terdapat di ROG Zephyrus G14 (2022) yakni mencapai 40Gbps. Port tersebut juga sudah mendukung fitur USB Power Delivery mencapai 100W, dan DisplayPort sehingga gamer dapat menghubungkan ROG Zephyrus G14 (2022) dengan monitor modern menggunakan USB Type-C.

ROG Zephyrus G14 (2022) juga telah dilengkapi dengan konektivitas nirkabel yang berteknologi terbaru yakni WiFi 6E. Tidak sama dengan teknologi WiFi yang lainnya, WiFi 6E mempunyai frekuensi ekstra yang dapat digunakan selain 2,4GHz dan 5GHz, yaitu 6GHz. Frekuensi 6GHz menawarkan kecepatan transfer data dan latency yang lebih rendah, sehingga cocok sekali untuk gamer. Frekuensi 6GHz pada WiFi 6E dapat memungkinkan pengalaman online gaming yang lebih baik dan minim terjadi lag karena latency yang rendah.

ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful

Bagi seorang gamer yang suka memakai mouse, controller, maupun headset Bluetooth, ROG Zephyrus G14 (2022) sudah dilengkapi dengan Bluetooth 5.2. Untuk tambahan, ROG Zephyrus G14 (2022) juga dilengkapi dengan pembaca kartu MicroSD.

Performa yang Lebih Kencang

ROG Zephyrus G14 (2022) adalah salah satu laptop yang tergabung pada program AMD Advantage yang mengkombinasikan peran CPU AMD Ryzen 6000 Mobile Series dan GPU AMD Radeon RX 6000S Series. Gabungan antara CPU dan GPU dari AMD tersebut dapat memungkinkan optimalisasi yang berfokus terhadap 3 hal, yaitu performa gaming yang baik, layar dengan kualitas terbaik, dan mobilitas yang tinggi. Selain itu, laptop gaming dengan AMD Advantage telah dibekali dengan berbagai fitur eksklusif.

Fitur pertama yaitu SmartAccess Memory. Fitur tersebut dapat memungkinkan CPU AMD Ryzen 6000 Mobile Series untuk mengakses memori di GPU AMD Radeon RX 6000S Series secara menyeluruh. CPU sebelumnya, hanya bisa mengakses Sebagian kecil dari memori milik GPU. SmartAccess Memory bisa mengeliminasi bottleneck tersebut sehingga GPU dan CPU bisa memanfaatkan jalur data PCI Express secara optimal. Smart Access Memory bisa meningkatkan performa gaming sampai 15%.

ROG Zephyrus G14 (2022) juga sudah dilengkapi fitur SmartShift, yang merupakan fitur yang dapat memungkinkan pembagian daya antara CPU dan GPU yang lebih optimal. SmartShift membuat ROG Zephyrus G14 (2022) untuk bisa bekerja lebih optimal sesuai kebutuhan. Misalnya ketika bermian game yang memerlukan performa GPU, SmartShift dapat mengalokasikan kelebihan daya yang terdapat di CPU ke GPU sehingga membuat performa gaming menjadi lebih baik. Begitu pula sebaliknya ketika laptop memerlukan performa ekstra untuk CPU, sistem dapat mengalokasikan daya yang berlebih dari GPU ke CPU.

Selain fitur AMD, ROG Zephyrus G14 (2022) dilengkapi juga MUX Switch seperti halnya semua laptop gaming ASUS yang hadir pada tahun 2022. MUX Switch adalah chip khusus yang bisa melakukan bypass jalur visual dari discrete GPU yang langsung ke layar. Jalur visual dari discrete GPU sebelumnya harus melalui integrated GPU terlebih dulu sehingga dapat memperpanjang alur yang bisa mengakibatkan penurunan framerate ketika bermain game.

ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful

Karena adanya MUX Switch sekarang jalur visual dapat dialihkan secara langsung dari discrete GPU ke layar atau dialihkan ke integrated GPU. MUX Switch dapat memberikan peningkatan framerate sampai 30% di game Rainbow Six Siege dan di berbagai judul game ternama lainnya sebesar 9%. Selain itu, MUX Switch juga dapat memberikan opsi kepada gamer untuk memilih mengaktifkan integrated GPU dan menghemat baterai, maupun mengoptimalkan performa dengan bergantung pada discrete GPU secara penuh.

Jika dibandingkan seri pendahulunya, terdapat beberapa aspek pada ROG Zephyrus G14 (2022) yang sudah diupgrade dari segi spesifikasinya. Pertama, slot untuk penyimpanan ROG Zephyrus G14 (2022) telah mendukung PCIe 4.0 SSD. Sistem penyimpanan data terbaru ini menawarkan tingkat kecepatan baca dan tulis yang sangat cepat dan dapat memberikan pengaruh pada saat loading secara langsung di dalam game maupun ketika menjalankan berbagai macam aplikasi.

Dibawah ini adalah hasil benchmark ROG Zephyrus G14 (2022) dengan menggunakan CPU AMD Ryzen 9 6900HS dan GPU AMD Radeon RX 6800S:

ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful
ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful
ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Gaming 14-inci Paling Powerful

Sistem Pendingin Baru

Dikarenakan, ROG Zephyrus G14 (2022) menggunakan hardware yang lebih powerful maka harus dilengkapi dengan sistem pendingin yang canggih. Oleh karena itu ASUS membekali laptop gaming dengan sistem pendingin baru dengan memanfaatkan vapor chamber. Tidak sama seperti heatpipe, vapor chamber mempunyai kemampuan dalam melepaskan panas secara langsung sehingga cocok sekali untuk laptop dengan bodi yang ringkas seperti ROG Zephyrus G14 (2022).

Supaya transfer panas antara komponen dan vapor chamber dapat berjalan dengan optimal, ROG Zephyrus G14 (2022) memakai liquid metal untuk thermal compound di CPU dan GPU yang merupakan 2 komponen yang menghasilkan panas tinggi. Penggunaan liquid metal dapat membuat suhu CPU dan GPU bisa diturunkan sampai 15°C dan membuat kedua komponen utama tersebut dapat bekerja dengan optimal.

Tak sampai sini saja, ROG Zephyrus G14 (2022) bahkan dilengkapi dengan kipas khusus yang dikenal denga sebutan Arc Flow Fan. Kipas tersebut didesain sedemikian rupa sehingga bisa mengalirakan udara yang tidak hanya lebih optimal, namun juga minim turbulensi sehingga mempunyai tingkat kebisingan yang lebih rendah disbanding dengan kipas yang digunakan pada ROG Zephyrus G14 yang generasi sebelumnya.

Ditambah lagi, ASUS menyediakan 4 mode penggunaan di ROG Zephyrus G14 (2022). Dengan aplikasi Armoury Crate, ROG Zephyrus G14 (2022) bisa diatur untuk berjalan pada mode Silent yang super senyap dan daya yang irit, mode Performance untuk menghadirkan performa ekstra, mode Turbo untuk menyelesaikan pekerjaan paling berat, dan mode manual yang dapat menghadirkan potensi performa 100% yang dimiliki ROG Zephyrus G14 (2022).

Spesifikasi
CPU AMD Ryzen™ 9 6900HS Mobile Processor (8-core/16-thread, 16MB cache, up to 4.9 GHz max boost)
AMD Ryzen™ 7 6800HS Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.7 GHz max boost)
Main Spec. ROG Zephyrus G14 (GA402)
Memory 1x16GB DDR5 4800MHz
2x8GB DDR5 4800MHz
Operating System Windows 11 Home
Display 14”, FHD (1920 x 1200) 16:10, IPS, 144Hz, 3ms, Adaptive Sync, Mux Switch, PANTONE Validated, 100% sRGB, 400 nits
Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD
512GB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x card reader (microSD) (UHS-II), 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Graphics AMD Radeon™ RX 6800S
AMD Radeon™ RX 6700S
Connectivity Wi-Fi 6E(802.11ax)+Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2
Camera 720P HD IR camera with Windows Hello facial recognition
Battery 76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Audio 4-speaker system with Smart Amplifier Technology, AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification
Weight 1.72 Kg
Dimension 31.2 x 22.7 x 1.95 ~ 1.95 cm
Price Rp28.999.000 (Ryzen™ 7/RX 6700S/144Hz/2x8GB RAM/512GB SSD)
Rp30.999.000 (Ryzen™ 9/RX 6700S/144Hz/2x8GB RAM/512GB SSD)
Rp32.499.000 (Ryzen™ 9/RX 6800S/144Hz/1x16GB RAM/1TB SSD)
Colors Eclipse Gray, Moonlight White
Warranty 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Foto ROG Zephyrus G14 yang resolusinya tinggi bisa anda dapatkan melalui URL dibawah ini:

http://channel.asus.com/ExternalFile.aspx?path=56f979b5a9a6466595159020a483c0ed

Buka Komentar
Tutup Komentar