--> Skip to main content

Keuntungan Kuliah Jurusan Komputer

Memilih jurusan saat kuliah merupakan langkah penting bagi seorang mahasiswa dalam menentukan masa depannya. Hal itu karena jurusan yang dipilih dapat menjadi dasar untuk pengembangan pengetahuannya kedepan. Dari banyaknya pilihan jurusan yang ada di kampus, baik itu kampus negeri maupun swasta tentunya berharap semua mahasiswanya bisa meraih kesuksesan untuk masa depan dengan jurusan yang dipilihnya.

Keuntungan Kuliah Jurusan Komputer

Salah satu jurusan yang menjanjikan dan mempunyai peluang untuk masa depan adalah jurusan komputer. Secara umum jurusan komputer diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Karena jurusan komputer memiliki banyak peluang kerja untuk masa depan, maka jurusan ini menjadi jurusan favorit yang banyak diminati oleh para mahasiswa.

Ilmu yang diajarkan pada jurusan komputer dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk berpikir secara kreatif dan bisa mencari jalan untuk mengembangkan pengetahuan yang dimilkinya. Sehingga nantinya bisa bernilai praktis dan mampu menunjang kariernya kedepan. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mengambil jurusan komputer, silahkan simak penjelasan tentang beberapa keuntungan memilih jurusan komputer.

Keuntungan Kuliah Jurusan Komputer

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan bagi mahasiswa yang mengambil jurusan komputer, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Jurusan komputer memiliki masa depan yang terjamin, karena memiliki lapangan kerja yang sangat luas dan prospek yang bagus dengan beragam jenis pekerjaan yang keren, bergengsi, juga gaji yang menggiurkan. Sehingga setelah lulus jurusan komputer, sangat kecil sekali kemungkinan mengalami kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan.
  • Di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini, lulusan jurusan komputer banyak dibutuhkan baik itu di instansi pemerintah, BUMN, maupun di instansi swasta.
  • Bisa bekerja sebagai programmer atau pengembang perangkat lunak di sebuah perusahaan, Misalnya menjadi pengembang web, aplikasi mobile, aplikasi e-learning, maupun game.
  • Selain berkarir di perusahaan sebagai pegawai, lulusan jurusan komputer juga berpeluang besar menjadi seorang pelaku bisnis. Misalnya mendirikan perusahaan start-up atau menciptakan aplikasi berbasis web, Android maupun iOS. Sehingga lulusan jurusan komputer juga bisa berkontribusi dalam menciptakan lapangan pakerjaan.
  • Bisa berkarir di luar negeri, karena jurusan Komputer dibutuhkan oleh banyak perusahaan di berbagai negara.
  • Bisa juga menjadi seorang Konsultan IT ketika lulus kuliah jurusan komputer.
  • Bisa berkreasi untuk mewujudkan ide-ide cemerlang dalam dunia informasi digital.

Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah jurusan komputer, kamu juga bisa kuliah di Universitas Ma’soem yang merupakan salah satu universitas di Bandung. Di Universitas Ma’soem ini terdapat 3 pilihan jurusan komputer (fakultas komputer) yaitu Sistem Informasi, Digital Bisnis, dan Komputerisasi Akuntansi. Berikut ini adalah penjelasan tentang ketiga jurusan komputer tersebut.

Keuntungan Kuliah Jurusan Komputer

Sistem Informasi

Sistem Informasi merupakan jurusan dengan bidang keilmuan yang menggabungkan antara ilmu komputer dengan bisnis dan juga manajemen. Pada jurusan ini selain belajar teknik pemrograman juga akan belajar tentang bagaimana mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan dari data-data yang dimiliki oleh perusahaan, kemudian merancang sistem sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Digital Bisnis

Bisnis digital merupakan jurusan yang mempelajari tentang bagaimana cara merancang bisnis yang dikembangkan dengan teknologi digital. Ilmu yang akan didapatkan merupakan perpaduan antara ilmu bisnis, manajemen, sistem informasi, dan teknik informatika.

Komputerisasi Akuntansi

Komputerisasi Akuntansi merupakan jurusan yang mempelajari tentang bagaimana cara untuk menyusun, mengembangkan, dan menjalankan berbagai macam software yang digunakan untuk mengolah transaksi akuntansi, menunjang pelaporan keuangan dan juga evaluasi bisnis.

Itulah penjelasan tentang keuntungan kuliah jurusan komputer, semoga apa yang kami tulis di sini dapat bermanfaat bagi anda.

Buka Komentar
Tutup Komentar