--> Skip to main content

Tips Membeli Anjing Online

Saat ini semuanya serba canggih, segala sesuatu banyak yang bisa dilakukan secara online. Hanya dengan mengakses internet saja, kita bisa mendapatkan berbagai macam informasi dengan cepat dan mudah. Ditambah lagi banyaknya situs web yang menjual berbagai macam barang kebutuhan, menjadikan semakin mudah dalam mencari barang yang kita butuhkan, termasuk dalam urusan kebutuhan hewan peliharaan seperti anjing ras.

Tips Membeli Anjing Online

Namun sebelum membeli anjing ras secara online ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar nantinya tidak tertipu saat membeli anjing ras secara online. Berikut ini adalah tips aman membeli anjing ras secara online.

1. Sebelum membeli anjing sebaiknya kamu memperkaya diri dengan informasi seputar anjing, pelajari dulu tentang jenis-jenis anjing yang akan kamu beli, ciri-ciri anjing yang sehat, ciri-ciri anjing yang sakit juga tips-tips tentang pembelian anjing.

2. Jika kamu berada dalam satu kota dengan penjual, maka sebaiknya kamu jangan terburu-buru untuk melakukan transfer. Usahakan selalu datang untuk melihat anjing ras yang kamu inginkan. Jadi jika di suruh buru-buru transfer dengan alasan sudah ada yang mau ambil, sebaiknya jangan dituruti, mending daatang ketemu langsung bayar di tempat karena berada dalam satu kota.

3. Jika berada di luar kota, pastikan kamu meminta foto-foto yang lain selain foto yang diiklankan. Bila perlu kamu juga bisa minta videonya, atau mungkin video call. Sebagai tambahan kau bisa juga minta foto stambum atau buku vaksinnya atau tato telinganya. Ini untuk memastikan bahwa hewan yang dijualnya benar benar ada, sebab sering kali penipu membajak foto iklan anjing milik orang lain kemudian digunakan untuk menjebak calon pembeli (korban).

4. Jangan mudah tergiur dengan harga yang super murah atau jauh dibawah pasaran, karena harga yang sangat murah bisa menjadi iming-iming yang sering digunakan oleh para penipu.

5. Jika iklan yang kamu jumpai di sosmed seperti facebook, maka add akun facebooknya. Setelah itu lakukan komunikasi dengannya melalui facebook, tanyakan sedikit tentang latar belakangnya, cek akunnya apakah kamu bisa berkomentar di wallnya, sudah berapa lama accountnya, berapa banyak foto yang dipasangnya, pastikan foto yang dipasangnya bukan foto-foto anjing milik orang lain.

6. Jangan gampang percaya dengan kata “stambum hilang”, ini bukan maksud menuduh, takutnya curian. Karena jika hilang sebetulnya masih dapat di urus di perkin. Perlu diingat anjing yang di tato pasti memiliki surat. Proses pembuatan kembali silsilah yang hilang cukup mudah, cukup menyebutkan nama pemilik anjing yang tentunya tercantum dalam database Perkin.

7. Tanyakan kapan divaksin, lalu buku vaksinnya gimana? Ada stempel dari dokter hewan ataukah tidak? Anjing minimal harus sudah divaksin E4 dan sebelum kamu adopsi minimal sudah divaksin 2 minggu yang lalu. Kebanyakan anjing curian tidak divaksin atau banyak juga breeder yang tak bertanggung jawab menggunakan vaksin bodong hanya stiker vaksin saja. Kenapa perlu memastikan anjing mendapatkan vaksin minimal 2 minggu sebelum kamu beli? Karena ini untuk memastikan bahwa anjing yang kamu beli adalah anjing yang sehat dan terawat. Anjing yang tidak divaksin akan rentan terkena berbagai virus seperti distemper, parvo dan lain-lain.

8. Jika kamu merasa tidak percaya 100%, sebaiknya dalam jual beli anjing pilih menggunakan rekening bersama. Prosedurnya kamu mentransfer biaya ke rekening bersama, setelah itu pemilik anjing akan dikonfirmasi, selanjutnya pemilik anjing akan mengirimkan anjingnya, setelah kamu menerimanya, maka rekening bersama akan mentransfer ke rekening pemilik anjing tersebut.

9. Reputasi PetShop atau Breeder juga menjadi pertimbangan yang sangat penting. Untuk memastikannya cobalah untuk browsing di internet, tuliskan nama breeder, PetShop, atau Kennel tersebut, perhatikan kembali secara seksama foto-foto anjing milik Petshop/ breeder tersebut apakah banyak foto-foto yang dipasangnya, bagaimanakah kondisi lokasinya dan bagaimanakah kondisi anjing-anjingnya. Semua itu perlu kamu perhatikan dengan baik.

10. Sebaiknya kamu juga perlu waspada terhadap Breeder atau Kennel yang tidak bersedia untuk kamu kunjungi tempatnya atau malah meminta untuk bertemu di lokasi tertentu yang dia inginkan.

Demikian penjelasan tentang tips membeli anjing online, semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang hendak membeli anjing secara online.

Comment Policy: Silahkan tulis komentar sesuai dengan topik yang ada dalam postingan ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan bisa tampil sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Sistem Operasi Komputer di smartphone tanpa install, buka Sistem Operasi Komputer dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Sistem Operasi Komputer dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar