--> Skip to main content

Tips Memilih Asuransi Online Yang Baik

Asuransi adalah sebuah perjanjian antara dua belah pihak, yaitu antara pihak pemegang polis yang membayar iuran dan pihak perusahaan asuransi yang memberikan jaminan sepenuhnya jika terjadi sesuatu pada pihak pemegang polis. Nah, di era yang serba digital seperti sekarang ini untuk mendapatkan produk asuransi bisa dilakukan dengan mudah secara online. Akan tetapi, dalam memilih asuransi secara online kamu harus memperhatikan beberapa hal penting secara cermat agar tidak salah pilih produk asuransi. Untuk itu kamu perlu memperhatikan beberapa tips yang akan kami bagikan di sini.

Tips Memilih Asuransi Online Yang Baik

Tips Memilih Asuransi Online Yang Baik

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu jadikan sebagai acuan agar kamu tidak salah dalam memilih produk asuransi secara online:

Pahami Produk Asuransi

Memiliki produk asuransi dapat membantumu terhindar dari berbagai masalah seperti utang yang menggunung atau kebangkrutan ketika terjadi risko financial yang tidak terduga. Asuransi sendiri terdiri dari beberapa jenis diantaranya yaitu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi umum yang mencakup asuransi properti, asuransi perjalanan, dan asuransi mobil. Tiap-tiap jenis asuransi memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan objek yang dilindungi. Jadi, pastikan kamu itu memilih produk asuransi sesuai dengan apa yang kamu butuhkan untuk melindungi dirimu.

Tentukan Produk dan Bandingkan

Setelah kamu mengenal jenis asuransi, selanjutnya kamu bisa menentukan produk asuransi yang sesuai. Memilih produk asuransi secara online dapat memungkinkan kamu melakukan perbandingan dengan mudah dan cepat. Jadi manfaatkanlah hal ini dengan baik. Kebanyakan orang biasanya akan memperhatikan harga premi dan promo tentang potongan harga, tetapi ada hal yang tidak kalah pentingnya yaitu kamu harus memperhatikan plafon nilai pertanggungan yang diberikan pastikan sesuai kebutuhanmu dan manfaat perlindungan seperti apa yang akan kamu dapatkan jika memilih produk asuransi tersebut.

Cek Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Pastikan perusahaan asuransi yang akan kamu pilih itu sudah tercatat dan berada di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Kamu dapat mengecek kondisi perusahaan asuransi secara langsung dengan melihat rasio solvabilitas (Risk Based Capital/RBC). OJK menetapkan bahwa perusahaan asuransi harus mempunyai RBC minimal 120%, baik itu asuransi jiwa maupun umum. Jika RBC yang dimiliki perusahaan asuransi semakin besar, maka kondisi keuangan perusahaan tersebut semakin baik.

Carilah Platform Asuransi Yang Praktis

Semestinya membeli sebuah produk asuransi secara online itu memberikan kemudahan. Jadi pilihlah platform yang praktis digunakan dan dapat memberikan kemudahan ketika melakukan pembelian. Platform yang baik biasanya memerlukan waktu beberapa menit untuk proses pembelian dan polis elektronik akan dikirim ke email pembeli secara langsung.

Pastikan Data Aman

Biasanya untuk registrasi produk asuransi secara online dilakukan itu dengan mengisi e-form dan melampirkan dokumen pendukung dalam bentuk elektronik berupa foto. Jadi, pastikan situs atau portal tempat kamu membeli produk asuransi itu dapat melindungi data pembeli/ nasabah dengan aman. Pastikan juga url yang kamu ketik adalah url resmi. Jangan sampai salah ketik url atau mengklik url yang berasal dari sumber yang tidak terpercaya. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya penipuan.

Jangan Sungkan Untuk Bertanya

Membeli sebuah produk asuransi secara online memang memberikan kemudahan, akan tetapi informasi yang disampaikan secara jarak jauh terkadang sering mengakibatkan salah pengertian. Oleh karena itu, jika kurang paham jangan sungkan untuk bertanya kepada costumer service. Jika dirasa informasi belum cukup, kamu bisa meminta detail dokumen asuransi tersebut atau melihat halaman informasi produk yang tertera dalam situs web asuransi.

Pilihlah yang Memiliki Layanan 24 Jam

Kondisi darurat bisa saja terjadi kapan pun. Oleh karena itu bisa saja kamu membutuhkan informasi terkait klaim sewaktu-waktu. Agar bisa lebih tenang, kamu sebaiknya memilih penyedia produk asuransi yang bisa memberikan pelayanan 24 jam.

Asuransi adalah produk keuangan yang sangat bermanfaat untuk melindungi diri dari berbagai macam risiko kerugian finansial ketika ada musibah datang menghampiri. Untuk itu kamu perlu memiliki produk asuransi dari sekarang. Pastikan asuransi yang kamu miliki itu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu.

Buka Komentar
Tutup Komentar